Kaliurang – Magelang


Day Four.

Senin, 21 September 2009. Sudah hari ke 2 Lebaran dan rasanya gatal ingin jalan-jalan lagi. Kali ini akan mencoba rute ke Magelang. Kota indah di sisi Gunung Tidar ini sepertinya menggoda untuk di jelajahi.

Rute yang saya tempuh adalah kota Jogja dan masuk ke jalan raya Kaliurang, dari sini sebenarnya jika kita ingin menikmati Merapi dari ketinggian bisa langsung terus naik ke Kaliurang. Tapi tidak kali ini. Di pertigaan menuju Kaliurang dan Turi Magelang saya memutuskan berbelok ke kiri.

Maka rutenya menjadi Kaliurang – Turi – Tempel – Muntilan hingga kota Magelang. Jalur ini menawarkan kelokan indah diwarnai perkebunan buah Salak. Plus adanya pom bensin yang menyediakan Pertamax. Sesampainya di Magelang saya pun mencari kios-kios makanan. Disini saya menyempatkan diri mencicipi Bakso Kerikil yang tampak ramai dikunjungi pembeli. Disebut Kerikil karena bentuk baksonya yang kecil-kecil menyerupai batu kerikil.

Menuju jalan ke Magelang tadi tentunya saya melewati jalur utama menuju Magelang. Tanpa berbelok ke arah Borobudur motor saya pacu untuk terus naik. Siang itu lalu lintas tampak padat dan arus naik-turun yang dipagari tali tampak membentuk sebuah uraian kemacetan panjang.

Mau tidak mau lalu lintas seperti ini harus di ikuti apalagi jalan aspal tampak tidak mulus, berbeda dengan kondisi jalan sebelum masuk ke pertigaan candi Borobudur yang tampak sangat baik.

Lepas dari kota Magelang tanpa mengikuti jalur awal tadi saya berbelok ke kiri masuk ke arah Bumi Toyudan, patokannya adalah gerbang pertama setelah pom bensin di kiri jalan, gerbang/gapuranya tampak mencolok besar dengan tulisan “Bumi Toyudan”. Disini kontur jalan halus diselingi perumahan penduduk di awal, lalu masuk mengelilingi persawahan, jalan naik-turun ditemani hawa dingin dataran tinggi.

Arahnya lalu menuju Blabak dan muncul kembali di Muntilan dan kembali lagi menuju Tempel – Turi hingga jalur Kaliurang. Arahkan pandangan ke setiap penunjuk jalan. Tujulah arahan ke Blabak. Rute ini memiliki panjang sekitar 10 km dan menghindari jalur turun Magelang ke arah Borobudur yang terlihat padat saat saya naik.

“Plang penunjuk jalan adalah teman terbaik anda jika anda tidak memiliki teman canggih layaknya GPS. Patuhi arah peta dan nikmati perjalanan dan suasana di sekeliling anda”.

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Di rute akhir menuju masuk kota Jogja saya menyempatkan diri mampir di Mirota Batik, lokasinya ada di jalur utama jalan raya Kaliurang. Disini saya menyempatkan membeli beberapa oleh-oleh termasuk poster klasik Harley Davidson yang akan saya berikan untuk properti kantor secara istimewa.

Perjalanan hingga sore hari ini memuaskan saya di hari ke empat.

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

End of Day Four.

About andryberlianto
Daily life a modern motorcycle traveler and a (motorcycle) safety consultant. Fell in love with Kulonprogo sampe ngaku-ngaku asal Jogja ... #proud #TamanSungaiMudal #KulonprogoYuk #JogjaIstimewa #progomoto #RifatDriveLabs

4 Responses to Kaliurang – Magelang

  1. bimoadv says:

    sob..itu gapuro tulisannya Bumi Toyudan ato Coyudan ? gapuronya di sebelah kiri jalan setelah pom bensin armada ?

    • andryberlianto says:

      seinget gue adalah BUMITOYUDAN, jika turun dari arah Magelang gapuranya ada di sisi kiri jalan setelah POM bensin. gapuranya besar … selamat mencari

  2. san2 says:

    nice artikel..visit our blog:
    dipoteknikmagelang.blogspot.com

    • andryberlianto says:

      thanks bro san2 … meluncur ke blog nya yah …. kebetulan lebaran besok mau mampir magelang lagi .. hehehee

Leave a Reply

