Siap-siap


Tahun 2009 ini menjadi kali kedua saya menjalani perjalanan mudik dengan menggunakan sepeda motor. Tentunya persiapan harus lebih baik dari tahun kemarin. Jika tahun kemarin tujuan akhir perjalanan adalah kota Ambarawa kab. Semarang, kini perjalanan insya Allah akan dilanjutkan hingga menuju Jogja serta Malang dan Surabaya. Tidak banyak waktu saya untuk melanjutkan perjalanan sejauh ini. Jadi kapan lagi jika tidak diniatkan tahun ini.

Ride_poster4

Persiapan perjalanan mudik secara garis besar hanya beda tipis dengan perjalanan turing yang biasa saya lakukan bersama rekan-rekan komunitas motor. Lama perjalanan rata-rata adalah perjalanan panjang. Tapi khusus mudik aura akan sedikit berbeda karena sepanjang perjalanan akan terlihat banyak pemudik lain dengan transportasi sepeda motor.

Indonesia ini unik. Dengan rata-rata motor dengan kapasitas mesin (cc) yang kecil tapi seorang pengendara mampu melewati ratusan kilometer. Jadi agaknya himbauan agar mudik tidak menggunakan sepeda motor harus rela ditelan fenomena bahwa motor dengan cc kecil pun mampu diajak berjalan jauh.

Bicara perjalanan jauh berarti harus ada ekstra persiapan yang harus dilakukan pemudik motor. Saya pun demikian. Seluruh informasi yang berkaitan dengan kegiatan mudik coba saya tangkap satu per satu. Dengan begitu semoga perjalanan mudik ini menjadi perjalanan yang matang dan jauh dari segala potensi bahaya yang mungkin terjadi.

Persiapan :

  • Kendaraan.
    1. Pastikan kendaraan fit mulai dari kelayakan mesin hingga part-part penunjang.
    2. Lakukan servis bulanan pada waktunya dan konsultasikan dengan mekanik langganan bahwa motor yang ada akan digunakan adalah untuk perjalanan jauh.
    3. Fungsikan semua aksesoris kendaraan dengan layak dan sesuai kaidah standar keselamatan.
    4. Barang bawaan berlebih bisa di siasati dengan menggunakan boks tengah maupun samping. Lihat kapasitas yang bisa ditampung dan hindari kemungkinan berat berlebih pada bawaan.
    5. Jangan lupakan surat-surat kendaraan.
  • Pribadi,
    1. Yakinkan diri sendiri bahwa kita sudah berniat (berdoa) dan sehat untuk menghadapi perjalanan panjang,
    2. Tetap jaga badan agar fit dengan meng konsumsi energi dari makanan dan minuman yang kita santap setiap hari,
    3. Persiapkan dana perjalanan dan satukan pada satu tempat agar mudah dijangkau serta mudah dipantau,
    4. Jika mudah lupa, sebar beberapa dana ke tempat terpisah dengan pengaturan yang baik. Sisipkan dana cash, kartu ATM, nomor-nomor penting sampai identitas diri (KTP, SIM),
    5. Siapkan kotak P3K kecil hingga obat-obatan yang cocok dengan kondisi tubuh.
    6. Untuk bekal pakaian, jika sempat paketkan saja beberapa stel pakaian untuk mengurangi beban pada motor.

Well … kendaraan dan persiapan pribadi tampaknya sudah 50 % siap jelang hari keberangkatan. Coba saya jabarkan rencana perjalanan per hari nya secara kasar. Semoga sesuai dengan perjalananannya nanti.

  • 18.09 : Bekasi – Semarang
  • 19.09 :
  • 20.09 :
  • 21.09 : Lebaran at Jogjakarta
  • 22.09 : Lebaran at Jogjakarta
  • 23.09 : 06:00, start to Surabaya
  • 24.09 : Surabaya – Bromo
  • 25.09 : Surabaya – Suramadu
  • 26.09 : Surabaya – Jogjakarta
  • 27.09 : Jogjakarta – Purwokerto
  • 28.09 : Purwokerto – Jakarta

Letak tanggal dan kota dapat berubah sewaktu-waktu … karena masih di atur jadwal per kota nya 🙂

Bersambung …

Advertisements

About this entry