MotoGP 12 : Indianapolis, Amerika Serikat


Adakah hal yang spesial di gelaran seri ke 12 MotoGP di Indianapolis ? Bisa ya bisa tidak. Ada beberapa hal penting yang bisa dicatat. Rossi jatuh karena rem depan yang ini berarti menyempitkan jarak lagi poin di klasemen dengan Lorenzo. Masih absennya Stoner akibat sakit. Hayden mencapai impiannya berkat helm ‘Make a Wish’-nya. Sementara Pedrosa tetap dapat nilai meski juga sempat terjatuh.

n502902_lorenzo02_4.preview_big

Coba sedikit komen soal bisa jatuhnya Pedrosa dan Rossi. Pedrosa seperti terlihat di tayangan ulang tampak tidak berhasil menaikkan badan lagi kelar miring ke kanan. Ketika coba naik beban sudah terlampau berat. Awalnya akan menikung ke kiri tapi motor masih rebah ke kanan. Beban gravitasi dan bobot kendaraan plus -mungkin- DP sedang tidak sigap akhirnya motor pun meluncur keluar trek. Bagusnya DP berhasil kembali ke motor dan terus berjuang hingga finish di urutan ke 10. Thumbs up.

Rossi ? Coba lagi untuk melihat adegan lambatnya. Ban belakang sedikit naik. Ini berarti ada hambatan di rem depan. Kesalahan ini juga akhirnya diakui Rossi karena melindas trek yang kotor. Kotor nya seperti apa hanya para pembalap yang tau. Beda dengan Pedrosa, Rossi memilih kembali ke pit dan tidak melanjutkan perlombaan. Poin bergerak mendekat lagi. Rossi urung finish maksimal.

Tinggal pembalap di belakang mereka yang akhirnya dapat keberuntungan. Mampu bertahan hingga akhir membuat De Angelis dan Hayden berdiri mendampingi Lorenzo. Secara umum tidak ada head-to-head fight hingga akhir. Lorenzo meluncur sendirian kelar Rossi jatuh.

Klasemen sementara menjadi :

  • 1    Valentino ROSSI – 212
  • 2     Jorge LORENZO – 187
  • 3     Casey STONER – 150

Mari berharap di seri berikutnya (San Marino) Stoner dapat tampil. Isu stres hingga depresi yang dialami Stoner tentunya membuat banyak pihak prihatin atau mungkin justru mencela. Rossi yang ‘kangen’ duel dengan Stoner menunjukkan Stoner tetaplah sebuah pembalap berbakat. Mungkin celaan datang dari mereka yang tidak bisa menerima dunia balap dan seolah hanya idola mereka yang terbaik tanpa perlu disaingi.

Sedikit kritikan untuk Trans7 selaku pemilih hak siar. Kelar lepas tv-kabel maka tak ada pilihan lain karena Trans7 lah yang akan menyiarkan seri demi seri MotoGP. Konyolnya ending balapan di Indianapolis kemarin benar-benar memalukan. Selebrasi di garis finish yang harusnya menjadi sebuah poin penting dalam drama balapan malah di potong habis-habisan. Kendala kontrak atau rating kah ? Yang jelas ini sebuah tayangan buruk dari Trans7 minggu dini hari.

KLIK DISINI UNTUK BALAPAN SERI TERDAHULU :

  1. (01) Losail Qatar
  2. (02) Motegi Jepang
  3. (03) Jerez Spanyol
  4. (04) LeMans Prancis
  5. (06) Catalunya Spanyol
  6. (10) Donington Inggris
Advertisements

About this entry