Dream Ride to Bromo


Tujuan ‘riding’ yang cukup jauh paska tahun lalu mencoba jalur maksimal hingga Ambarawa Jawa Tengah. Hingga tulisan ini masuk saya belum mendapatkan jarak pasti Jakarta – Bromo. Postingan ini mengemuka sekedar untuk menyemangati saya untuk bergerak lebih jauh untuk berkendara. Kenapa BROMO ? Tempatnya banyak dibicarakan dan menjadi sosok pegunungan yang eksotis yang kabarnya menyimpan lautan pasir. Ya katanya ! Karena saya sendiri belum pernah kesana bukan ? Hehehee … Sesuatu yang harus saya buktikan sendiri.

Beberapa blog rujukan coba saya sambangi sekali lagi untuk meyakinkan saya bahwa perjalanan ini akan menjadi sebuah perjalanan yang hebat. Sedikit mengutip dari blog bro Stephen soal rute Jakarta – Bromo, berikut adalah rute diambil dari Semarang, maklum saya akan memulai petualangan dari Semarang (tepatnya Ambarawa) karena perjalanan Jakarta – Semarang sudah saya ketahui sebelumnya. Rutenya adalah : Semarang – Salatiga – Suruh – Gemolong – Sragen – Ngawi – Caruban – Nganjuk – Kertosono – Pare – Kandangan – Pujon – Batu – Malang. KM tidak tercatat disana. OK ini akan jadi PR mengukur jarak berdasarkan survey online ke teman-teman klub/komunitas motor.

Terbersit harus juga menyiapkan stamina terutama berat badan. Berapa ya berat badan saya sekarang ? Belum tau karena tidak ada timbangan badan disini, ini untuk antisipasi kendaraan saja agar tidak menopang berat berlebih.

Bagaimana dengan kendaraan dan aksesoris nya ? Coba saya list satu-satu ‘wish list’ nya :

  • Mengganti ban ke Battlax yang dipercaya kekuatannya, plus mencari yg sesuai medan meski tidak akan ambil tipe offroad,
  • Mencari side bag, ya .. bukan side box .. seperti nya side bag bisa lebih melar menampung barang bawaan,
  • Motor (HONDA CITY SPORT ONE) harus dalam keadaan standar, menghindari trouble berlebih karena tetap mempercayakan AHASS pada rute-rute nanti untuk cek kesehatan kendaraan,
  • Tank bag, meski di CS1 tidak ada tempat untuk menaruh tank bag sepertinya ini bisa di modifikasi dengan bracket sederhana di atas bagasi kecil, tergantung besar tank bag nantinya,
  • GPS ? ah berlebihan, kalo ada yang mau meminjamkan sih no problem🙂, sepertinya saat ini mengandalkan rute siang dan mengandalkan ‘pak – bu .. arah ini kemana ya?’
  • HT ? Sampe saat ini belum menemukan kata YA untuk menggunakan HT, entah saya melihatnya masih menjadi sesuatu yang merepotkan,
  • Jaket, Protektor, Helmet, Gloves, Shoes .. pasti mencari desain terbaik.
  • Peta. Ada salah satu buku bagus yang sayangnya tidak saya langsung beli pas pertama kali melihatnya di Gramedia, sekarang menjadi susah lagi untuk mencarinya. Entah menggunakan judul apa, yang jelas tebal dan seharga di kisaran 100 ribuan. Isinya adalah peta perjalanan di nusantara beserta tempat-tempat yang di rekomendasikan untuk berwisata.
So ? Inilah catatan awal menuju BROMO yang sedianya akan dilakukan sekitar tanggal 14 sampai 27 September 2009. Jarak pada tanggalan tersebut masih bersifat kasar karena masih terus menyesuaikan jadwal libur kegiatan kantor dan ibadah Lebaran.

Ready ? Almost Ready … berikan saya semangat ! HE3x ….

gambar : dik chayank


One thought on “Dream Ride to Bromo

Leave a Reply

