Mbak … Jaketnya Mbak …. Kebalik


Ada pemandangan cukup menarik di jalanan ramai Jogjakarta saat JDDC berkesempatan mengadakan pelatihan di kota ini. Ramainya populasi pengendara wanita membuat mata seakan ingin terus memandangi mereka. Satu pertanyaan kecil mengemuka. Kenapa mereka memakai jaket dengan posisi terbalik ? Lebih nyamankah ? Lebih hangat kah ?

Kami mencoba bertanya kepada para peserta yang kebetulan biasa mengenakkan jaket seperti ini. Mereka umumnya menjawab agar lebih hangat dari hembusan angin yang akan menerpa dada. Jika dilihat lebih dekat sebenarnya tidak ada yang salah dengan pemilihan jaket yang mereka lakukan. Ada yang berbahan denim yang memang menjadi pilihan minimum dari jaket. Ada pula yang memang berbahan tipis. Fungsi utama jaket adalah sebagai media pembalut tubuh pengendara dari terpaan angin dan jika terjadi gesekan jaketlah yang akan menjadi pelindung pertama bagi kulit.

Ada baiknya perilaku ini di revisi demi meningkatkan keselamatan dalam hal berkendara. Sisi negatif yang mungkin saja terjadi adalah :

1. Mudah ‘melorot’ nya jaket ke arah depan,
2. Akan sibuk membenahi jaket karena ‘melorot’ tadi dan akan mengganggu handling kendaraan.

Jika alasan agar lebih mudah dilepas-pakai tentunya agak sulit diterima karena justru sebenarnya sebaliknya. Memasukan tangan ke jaket dengan posisi terbalik akan makan waktu lebih lama dan tentunya lebih beresiko. Jika alasan menghindari masuk angin tentunya bisa di antisipasi dengan pemilihan jaket yang lebih tebal dan retsleting / zipper yang lebih erat dengan penutup tambahan. Bagaimana pun dari sisi kenyamanan jaket dengan posisi normal akan lebih membuat gerak tangan bergerak lebih leluasa. Faktor penguasaan handling pun lebih bisa diatur ketimbang memaksakan diri dengan mengenakan jaket dengan posisi terbalik.

Dari sisi gender memang acap terlihat banyak pengendara wanita yang melakukan hal ini atas alasan-alasan simplisitas di atas. Tapi jika ada pengendara pria pun idealnya penggunaan jaket seperti ini harus diperbaiki. Keutamaan pengendalian kendaraan harus di utamakan ketimbang mencari kenyamanan tanpa mau mencari keselamatan. Mari kenakan jaket dengan benar !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s