Value Life Value Safety ! Solo


Solo menjadi kota terakhir tujuan roadshow Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) bulan Juni 2009. Kota kecil SOLO yang terkenal dengan Keraton Surakarta dan Nasi Liwet-nya ini hadir sebagai tuan rumah pelatihan Defensive Riding bagi karyawan PT Unilever. Bertempat di ruang konvensi di Hotel Indah Palace sebagai ruang teori dan lahan Makro Solo sebagai tempat praktek, peserta dengan rata-rata 50 orang per hari tampak antusias mengikuti setiap materi yang diberikan oleh para instruktur, baik pada sesi teori maupun praktek. Seperti pada pelatihan-pelatihan lain, instruktur sdr Dharma menekankan pentingnya menerima pengetahuan baru berkendara dari pelatihan ini. Penekanan ini muncul karena tak jarang peserta mengabaikan materi seolah merasa tidak perlu lagi adanya ‘refreshment’ dalam pengetahuan berkendara. Secara tak sadar pula kualitas pengendara dari tahun ke tahun semakin menurun, orang akan semakin mengganggap mudah dan sepele soal berkendara.

Sama seperti pelatihan di kota-kota sebelumnya, peserta datang dari berbagai unit di dalam PT UNILEVER yang di dalam kesehariannya menggunakan sepeda motor. Insiden-insiden yang kerap terjadi diharapkan dapat dikurangi paska pelatihan yang secara maraton di lakukan di 3 kota di Jawa Tengah ini. Pada sesi praktek peserta dibekali peningkatan skill atas kondisi-kondisi darurat jika memang terjadi di keseharian, salah satunya adalah metode PENGEREMAN. Sesi ‘Pengereman’ yang dikawal langsung oleh instruktur Herry Wahyudi ini memberikan kesempatan peserta untuk mencoba berbagai macam metode rem, baik hanya rem depan, rem belakang maupun kombinasinya. Dalam kecepatan konstan 40 km/jam peserta diberi kesempatan untuk mendalami fungsi rem. Rem ini sendiri berfungsi sebagai alat untuk memperlambat laju putaran roda, dan bukan untuk menghentikan kendaraan. Paradigma baru yang ternyata dapat diterima peserta sepenuhnya. Selain praktek ‘Braking’, dipertunjukkan pula konsep ‘Judging’ dimana peserta diberi latihan mengambil keputusan secara cepat. Bendera 3 warna membedakan kamar-kamar ‘cone’ setelah instruktur mengangkat bendera putih sebagai simulasi pengambilan keputusan menghadapi penyeberang jalan. Berbagai ekspresi ditunjukkan peserta karena banyaknya kekeliruan yang terjadi.

Sementara sesi Commentary Riding seperti biasa dihadirkan untuk meng-koreksi pemahaman berkendara baik dari sisi ‘Behaviour’ maupun ‘Skill’. Semua ini dipertunjukkan langsung di jalan raya. Salah satu koreksi yang dilakukan adalah bagaimana membentuk postur berkendara dengan baik. Tangan membentuk lekukan keluar, genggaman penuh ke grip / handle bar plus posisi kaki yang baik dengan penempatan kuda-kuda yang kuat menahan beban. Dalam sesi ini dipimpin langsung oleh instruktur Egi Nugraha plus 3 instruktur lain yang mengawal peserta ke jalan raya. Selain pembenahan atas postur berkendara, disini juga di refresh kembali pemahaman ‘Pre Trip Inspection’ berupa teori TCLOCK, ini adalah pemahaman inspeksi kendaraan yang idealnya dilakukan setiap hari sebelum kita berkendara. Ini sebagai bentuk antisipasi jika terjadi hal-hal yang mengganggu keamanan berkendara seperti matinya bohlam pada lampu sein atau rem, atau bahkan berkurangnya kanvas rem yang akan membahayakan pengendara di jalan.

RIDE LIKE A MASTER yang bersanding dengan tagline VALUE LIFE VALUE SAFETY milik PT UNILEVER berakhir pada tanggal 19 Juni 2009, mengakhiri 3 batch region Solo. Bp Herry Rachman selaku TSS Solo yang berkesempatan hadir di pelatihan hari terakhir terus mengingatkan bahwa hasil pelatihan ini tidak akan sampai disini melainkan dibawa terus pada saat semua pegawai berkendara. Semata-mata demi menekan angka kecelakaan pada staf PT UNILEVER pada khususnya dan pengguna jalan raya pada umumnya.

One thought on “Value Life Value Safety ! Solo

  1. Nice artikel Bro, bermanfaat banget neh, kalo saja semua biker tau hal-hal seperti ini, hmmm…berlalu lintas di Indonesia enak kaleee ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s