Value Life Value Safety ! Jogjakarta


Apa yang terlintas di benak anda ketika hendak mengunjungi kota bernama Jogjakarta ? Mengunjungi kota budaya sebagai salah satu kota pariwisata besar di tanah Jawa ? Mengunjungi kota motor yang sesak karena populasi kendaraannya yang begitu banyak ? Atau mengunjungi sebuah kota asing dengan rasa ingin tahunya yang besar untuk meng eksplorasi kota ini ? Ragam harapan wajar menjadi keinginan banyak pihak. Dan kali ini giliran kota Jogjakarta menjadi tempat persinggahan gelaran Roadshow Jawa Tengah bersama pihak Jakarta Defensive Driving Consulting dan PT UNILEVER.

Bicara Jogja tentunya harus memaklumi kota ini telah menjelma menjadi kota motor. Populasi yang begitu padat di jalan raya seiring dengan minimnya moda angkutan umum yang beredar di tengah kota menjadikan motor sebagai alat transportasi nomor satu bagi para penduduknya. Terlebih pada jam 10 malam angkutan massal resmi berhenti dan disinilah jumlah motor kian ramai memenuhi jalan. Bagaimana dengan aspek keselamatan yang terlihat ? Seperti hal nya populasi motor di kota besar aspek ini menjadi poin kesekian untuk diperhitungkan. Kecenderungannya lebih pada aspek kebutuhan saja untuk mengantar pengendara dari titik satu ke titik yang lain. Gaya berkendara menjadi beragam. Yang asal-asalan pun mudah terlihat. Satu kebiasaan negatif yang acap terlihat adalah ketelodoran pengendara di kota Gudeg ini yang lalai untuk menoleh sekilas. Perpindahan lajur dilakukan secara tiba-tiba dan manuver nya pun terlihat berbahaya.

Atas dasar mengurangi tingkat insiden di jalan raya dan merubah kebiasaan buruk pengendara roda dua, PT UNILEVER bersama JAKARTA DEFENSIVE DRIVING CONSULTING (JDDC) memberikan pelatihan total enam batch di kota Jogjakarta. Masing-masing satu hari kelas teori bertempat di ruang training LPP GARDEN AMBARUKMO, dan satu hari kelas praktek di eks lahan parkir HOTEL AMBARUKMO berikut sesi jalan raya menyusuri jl. Adi Sucipto KM.06. ”Apa kabar ?” …. ”Luar Biasa … Tetap Semangat .. Huu Haa!!”, teriak peserta dalam setiap batch mengawali pelatihan.

Dalam kesempatan kelas yang juga dihadiri pak Aryo Budiantoro selaku Safety Manager, pak Felix Untung DH selaku TSS serta pak Eko Prijono wakil dari DML, mereka menyampaikan pengharapannya bahwa selepas pelatihan ini diharapkan para peserta yang datang dari pengguna sepeda motor dapat menunjukkan jati diri yang baik saat berkendara. Menghormati sesama pengguna jalan, bersikap defensif serta mengutamakan aspek keselamatan adalah sebuah usaha yang mulia demi mengurangi tingkat kecelakaan. Setidaknya tujuan ini seragam dengan program RIDE LIKE A MASTER yang dibawa oleh JDDC selaku operator pelatihan mengemudi defensif. Salut untuk program PT UNILEVER dengan VALUE LIFE ! VALUE SAFETY !-nya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s