Value Life Value Safety ! Purwokerto


Kota ini menjadi rangkaian awal ‘roadshow’ Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengelilingi tiga kota di pulau Jawa. Menyusul setelah Purwokerto berlanjut ke kota Jogjakarta serta Solo. Bicara Purwokerto kota ini ternyata menyimpan pesona tersendiri dalam hal berlalu-lintas, wisata kuliner hingga wisata bukit Baturaden yang sudah cukup dikenal di kalangan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Bicara lalu lintas banyak hal menarik yang bisa ditemukan, dengan jalanan yang cukup lengang dan populasi kendaraan yang tidak padat membuat kota ini terlihat rapi dipandang mata. Jejeran kendaraan di lampu merah tampak tertib mengikuti garis-garis yang telah di tentukan. Kabarnya ketegasan petugas Kepolisian juga turut membantu mental pengendara menjadi lebih baik. Tidak ada pemandangan helm berjenis cetok maupun gelegar knalpot model ’racing’. Menurut salah satu rekan peserta, ketegasan pihak aparat disini sangat tinggi dan mampu menjadi alat yang menakutkan untuk merubah mental pengendara menjadi lebih baik. Bicara populasi kendaraan pun ternyata ber efek kepada tingkat emosional pengendara. Tidak ada aksi adu kebut di tengah kota maupun aksi salip yang berbahaya. Semua berjalan tenang yang otomatis membuat gaya dan emosi berkendara menjadi lebih nyaman. Kontras dengan situasi Jakarta. Dengan populasi kendaraannya yang tinggi, Jakarta menjadi ajang pembuktian adu kuat tahan emosi. Purwokerto dengan luas kotanya yang tidak terlampau besar mampu menekan emosi menjadi jauh lebih baik.

Bagaimana dengan sisi lain kota Purwokerto, sebagai jalur utama di daerah Selatan ternyata Purwokerto hadir sebagai penyumbang jumlah penginapan tertinggi. Tak kurang dari 170 penginapan hadir sebagai tempat singgah para pelaku perjalanan. Purwokerto hadir sebagai sebuah kota transit yang cukup aman. Penginapan-penginapan ini hadir di segala penjuru kota baik di pinggiran hingga naik ke atas di kaki bukit Baturaden. Sedang sebagai teman makan hadir berbagai ragam menu salah satunya adalah Soto Sokaraja.

Kembali berbicara VALUE LIFE VALUE SAFETY, slogan ini datang dari kepedulian PT UNILEVER kepada para karyawannya yang memang sehari-harinya bergelut dengan jalan raya, mulai dari level Sales yang harus bekerja lintas kota, para SPG hingga seluruh staf yang sehari-harinya memang menggunakan kendaraan roda dua sebagai alat transportasinya. Hadir sebagai mitra penyelenggara pelatihan berkendara adalah JAKARTA DEFENSIVE DRIVING CONSULTING dengan program rutin RIDE LIKE A MASTER. Lokasi acara ini sendiri mengambil tempat di Hotel Astro Purwokerto, aula tengah sebagai tempat teori dan lahan parkir hotel sebagai tempat praktek.

Total tiga batch Purwokerto – Unilever (batch 1, 2, dan 3) dengan rata-rata peserta 45 orang mengikuti pelatihan berkendara defensif (bertahan) selama satu minggu penuh terbagi satu hari teori dan satu hari praktek untuk masing-masing batch. Berbagai cerita menyedihkan seputar berkendara menjadi bagian yang diperbincangkan sepanjang sesi teori maupun praktek. Dengan lintasan luar kota yang terbilang sibuk dengan kecepatan tinggi maka pemandangan insiden berkendara menjadi hal lumrah. Bersinggungan antar setang, tergelincir di tikungan akibat oli hingga pemandangan tragis pengendara motor terlindas truk menjadi bagian dari pengalaman para peserta. Atas dasar kepedulian untuk selamat dari kecelakaan inilah peserta diajak menilik kembali mentalnya apakah di dalam kesehariannya mereka sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk bersikap aman saat berkendara. Karena naik motor bukan hanya berkutat cara menekan rem atau memutar gas melainkan juga meliputi pembentukan karakter dan sikap saat berkendara. Saling hormat menghormati, bersikap defensif serta meningkatkan skill berkendara semuanya wajib dimiliki oleh pengendara modern saat ini. Bicara berkendara bicara ’100 % full time job’, tak ada waktu untuk lengah dan harus tetap fokus.

Kata-kata penyemangat juga tak lepas dari para wakil Unilever yang hadir di tiap-tiap sesi pelatihan. Tak kurang dari pak Agung Harsono selaku Activation Officer Jogja-Purwokerto, pak Nursaid selaku OM Samilanggeng Purwokerto serta pak Agus Suyono selaku TSS Jogja Selatan turut hadir menyemangati peserta agar pelatihan ini dapat di serap dengan baik dan menjadi pegangan dalam cara berkendara setiap harinya. Menjadi lebih baik dalam berkendara di jalan raya akibat tuntutan pekerjaan seyogyanya dapat di implementasikan secepat mungkin bersamaan dengan target perusahaan yang mencanangkan ’Nihil Kecelakaan’ kepada para staf operasionalnya.

One thought on “Value Life Value Safety ! Purwokerto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s