Pasang Kamera Saku di Motor


Instalasi on board camera sepertinya untuk sementara sudah cukup. Menggunakan braket murah meriah dan bisa dibilang gratisan dari tukang las langganan. Ide awalnya sih memang terinspirasi kebutuhan menangkap momen saat berkendara, apalagi ruas jalan di Jakarta banyak menghidangkan pemandangan lezat ala bikers, mulai dari kesemrawutan jalan raya hingga perilaku unik nya.

Awalnya ‘kebelet’ menimang sebuah GO PRO HERO karena desainnya yang sudah di set untuk sebuah aktifitas luar ruang dan tahan guncangan . Gagal Go Pro Hero maka diputuskan lah tipe kamera saku yang sudah saya punya untuk jadi bahan uji coba, sebuah kamera tipe Canon Powershot A400, bukan sebuah kamera tahan banting (outdoor) memang. Atas nama nekat akhirnya saya beranikan saja menempelkan kamera saku itu karena toh tujuan awalnya hanya untuk nge-capture momen-momen ketat seperti kemacetan dan membaginya dengan khalayak ramai. Bukan mengambil momen jalan rusak dimana guncangan hebat rentan membuat kamera rusak.

Apa aja kebutuhannya ?

  • Tentu saja kamera saku
  • Mur 10
  • Plat yang dilubangi untuk masuk drat spion dan drat kamera (10)
  • Karet

(cek gambar)

Tinggal plug and play, tinggal sesuaikan kebutuhan angle nya saja. Beruntung jika drat kamera ada di sisi tengah bodi kamera karena lebih stabil saat terpegang. Soal bagaimana konstruksinya silakan pelajari lewat gambar dan jika dirasa kurang kokoh mungkin bisa beri masukan untuk konstruksi saya berikutnya. Pemasangan kamera sejenis sudah dilakukan bro Taufik dan di share melalui blog nya ( http://ninja250r.wordpress.com/2008/09/08/diy-braket-kamera-saku-untuk-motor/ ).

Via video di youtube terlihat kamera berjalan baik di area jalan raya dengan aspal memadai, beberapa teman juga mengakui hasilnya sudah cukup. So … Time to share road traffic …. say Smileee ….. !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s