Pilih mana ? World Superbike atau MotoGP ?


Apa yang membuat anda memilih salah satu dari dua kejuaraan balap motor terbesar di jagat raya ini, MOTOGP atau WORLDSUPERBIKE. Pembeda paling besar adalah jenis motor yang dipakai. Motogp murni sebuah kendaraan prototipe dimana kecanggihan teknologi adalah satu poin yang dikejar, tak heran kehebatan Ducati akhir-akhir ini rada tidak bisa diterima para fans dan pemerhati balapan karena merasa tertinggal teknologinya. Sementara World Superbike adalah balapan motor produksi massal, sistem modifikasi racing diterapkan di kelas utama Superbike, sementara yang lebih umum bisa di lihat di seri Superstock dan Supersport.

Lalu simak jumlah kontestan di link berikut ini, untuk Motogp klik http://www.motogp.com/en/riders/MotoGP , lalu untuk WSBK klik http://www.worldsbk.com/pubb_EN/riders.php , perbandingan jumlah kontestan yang lumayan jauh juga bukan, Motogp lebih sedikit memiliki starting line up. Dari gengsi jelas Motogp masih teratas, tapi jika terlena dan pemirsa lebih menyukai balapan ketat, Motogp kudu waspada akan ancaman tontonan ala WSBK. Yang lebih bisa diterima dari WSBK adalah di pertontonkannya motor produksi massal. Ini jatuhnya sebagai tolak ukur sebenarnya perbandingan satu brand motor dengan brand motor yang lain. Di race 2009 Aprilia masuk sebagai pengancam utama Ducati dan Honda plus Yamaha di arena WSBK.

Kapasitas mesin bagaimana ? WSBK menggila dengan kapasitas besar nya yang 1000 cc ke atas, sementara Motogp kudu disunat menjadi hanya 800 cc.

Sedikit mengutip dari blog lain (http://www.kapanlagi.com/clubbing/archive/index.php/t-6058.html) :
Perbedaan mendasar terletak pada karakter sepeda motor yang dipakai. MotoGP menggunakan mesin berkapasitas 800 cc dan merupakan tipe khusus yang sengaja dibuat untuk balapan. Sedangkan superbike adalah sepeda motor produksi massal atau dijual bebas di pasaran dengan kapasitas 1.000 cc ke atas. Artinya, lomba MotoGP hanya bisa diikuti oleh tim yang mendapat dukungan dari pabrik sepeda motor. Sementara untuk terjun ke arena WSBK bisa membentuk tim tanpa dukungan pabrik sepeda motor. Tim yang berminat cukup membeli sepeda motor dari dealer, kemudian mendaftarkan ke pengelola lomba, FG Sport.

Untuk referens pembeda lain bisa kebet link ini : http://www.majalahbikeart.com/index.php?option=com_content&task=view&id=17&Itemid=43 , wah kalo dibayangkan sebenarnya WSBK jauh lebih seru ketimbang Motogp ya ? Tapi selera tetaplah selera, masing-masing penggemar punya porsi masing-masing dalam memilih dua jenis balapan ini untuk jadi agenda tontonan.

Saya pribadi tetap butuh dua tontonan ini, di Motogp untuk melihat Rossi dikepung para pembalap muda yang mengincar jatah sebagai penerus legenda balapan. Di WSBK untuk lebih melihat ketatnya balapan dan banyaknya kontestan yang berada di starting grid. GO RACE GO !

Advertisements

About this entry