Antara Helm Motocross dan Helm Balap Jalanan


Helm pada dasarnya adalah sebuah perangkat keselamatan bagi pengendara, fungsinya lebih untuk mengurangi tingkat cedera yang mampir di kepala. Pada perkembangannya helm menjadi salah satu unsur fashion demi mendongkrak penampilan. Helm juga menjadi pembeda satu cabang olahraga terhadap olahraga yang lain. Bicara balap, bentuk helm yang berbeda justru ditampilkan cabang motocross dan balap jalanan. Bentuk helm motokros lebih dikenal sebagai helm cakil dengan bentuk ‘pet’ lebih mancung ke depan serta proteksi dagu yang juga lebih menjorok ke depan, sementara helm balap jalanan (street helmet) berbentuk lebih bulat dan lebih menekan kepala dengan kaca helm tanpa ‘pet’.

Mengapa bentuknya bisa berbeda ? Karena secara fungsi adalah sama dan juga sama-sama berkutat dalam dunia balap. Ternyata bentuk helm ini memiliki karakterisitk dan fungsi yang berbeda. Apa saja ?

Motocross Helmet, dengan desain dagu yang lebih terbuka membuat pengendara lebih bebas mengatur nafas karena balapan motocross cenderung berisi lintasan-lintasan ketat dan menguras tenaga. Jika saja memakai ‘Street Helmet’ upaya mengambil nafas akan terus-terusan membuat kabut di kaca helm. Pada situasi tertentu seperti di lintasan berlumpur dan berpasir ‘pet’ helm juga berfungsi menghalau partikel debu untuk masuk lebih dalam ke kaca, tak heran pengendara lebih nyaman mengenakan ‘Goggle’ yang lebih mudah dibersihkan ketimbang memakai kaca pada helm. Di saat panas ‘pet’ juga dapat menghalau sinar matahari. Jika helm jenis ini dipakai di lintasan balap jalanan tentunya mengganggu sisi aerodinamika dimana helm rentan tertarik ke belakang karena desainnya yang lebih besar.

Street Helmet, dengan desain membulat mengikuti kepala helm jenis ini membuat sisi aerodinamika lebih terjaga dalam usahanya menambah kecepatan saat balapan. Pada balapan yang menggunakan jenis helm ini memang lebih menekankan pada kecepatan dan saling mendahului dalam tempo yang lebih kencang ketimbang balapan motocross. Ini yang membuat dari sisi desain antara ‘Motocross Helmet’ dan ‘Street Helmet’ menjadi berbeda.

Bagaimana jika helm-helm ini diaplikasikan ke penggunaan sehari-hari ? Tidak ada larangan dalam bentuk apapun dalam memilih helm sejauh helm memberikan proteksi lebih terhadap kepala dan memberikan kenyamanan pada penggunanya. Pastikan saja kita sudah memilih helm dengan benar.

3 thoughts on “Antara Helm Motocross dan Helm Balap Jalanan

  1. Dulu d kampus ada guyonan.. Kalo pake helm fullface tu pasti orangnya jelek..ato jerawatan +g bisa nampang hahaha.. Kidding bro..Akhirnya solusinya ya ga pake helm cuman kc mata item rambut gondrong (gak septi jgn d tiru) ato helm motocros google nya ganti pake kcmata mika lebar bening bwt praktikum.. Ato kc mata bwt las jg sipp,. Nampang oke septi juga.. Mangstab khan?

  2. salam kenal om.. kalo beda helm motoX dan supermoto dari sisi fungsi apa ya? kenapa motoX pake goggle dan supermoto pake kaca? padahal secara umum bentuk keduanya hampir sama

  3. wah ga ada bedanya ah, yg pake goggle kan emang udh umum aja, yg pake kaca murni untuk lebih stylish aja ga ada perbedaan fungsi kok sepertinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s