Dr Leon James and Dr Driving


Membaca dan mempelajari data statistik kadar agresifitas antara pengemudi pria dan wanita melalui internet mengantarkan saya ke satu sosok pria yang belum pernah saya tau eksistensinya. Namanya Dr Leon James, seorang profesor psikologi asal Hawaii USA. Kelahiran (cek nanti). Apa yang membuat profil beliau menjadi lebih menarik ? Tidak lain kepeduliannya tentang area psikologi berkendara. Tentunya ini lebih dekat ke arah pengamatan ke si pengemudi kendaraan itu sendiri. Pernah dengar istilah “Dr Driving” ? Jika belum maka sosok Dr Leon James inilah yang berada di belakang layar tokoh Dr Driving.

Satu cerita menarik tentang Dr Leon James (Leon) sebelum beliau menekuni profesi seputar psikologi berkendara. Di hari minggu pagi yang indah di tahun 1982, selesai mengantar nenek dari istrinya (Dr Diane Nahl) tak diduga justru muncul keluhan atas perilaku buruk dirinya saat berkendara. “Leon is not a very good driver”, begitu ucap sang nenek. Sontak Leon kaget dan mendesak kenapa sebutan itu bisa muncul. Jawaban yang diterima adalah mengenai buruknya Leon saat menikung. Sang nenek yang saat itu berusia 92 tahun tidak terima cara Leon menikung yang membuat terhempas ke pintu. Sang nenek mengeluhkan itu semua ke istri Leon. Leon sendiri menyebutnya bahwa itu adalah keluhan yang keterlaluan. “Pegangi saja pegangan pintu itu !”, jawab Leon. Ternyata istrinya sendiri pun mengeluhkan soal yang sama soal perilaku berkendara Leon. Berubah lajur tanpa menengok, malas menyalakan sein saat hendak bermanuver selalu dilakukan Leon secara simulta, ini yang membuat sang istri, Diane juga merasa keselamatannya terancam.

Atas dasar keluhan-keluhan tersebutlah Dr Leon James sadar diri. Lalu Leon menemukan apa yang disebutnya “Partnership Driving”. Di sisi lain Leon juga menemukan bentuk lain keberadaan teman di dalam dirinya sendiri. Muncul nama Dr Driving di benaknya. Inilah yang menyelamatkan pernikahan Leon, juga hidupnya, juga semangatnya. Ternyata sebelum mau berubah, Leon adalah seorang pengemudi yang individualis. Bergerak secara agresif, merasa selalu kompetitif dan oportunis termasuk perilaku ‘mendekati’ pejalan kaki saat mereka berjalan pelan, dan hal-hal lain yang mengancam keselamatan, baik diri sendiri dan orang lain. Leon merasa sudah cakap berkendara sampai-sampai teguran Diane tidak digubrisnya. Keteguhan hati Diane akhirnya memaksa Leon berbenah diri. Jadilah Leon saksi atas agresifitas cara berkendaranya sendiri. Leon lalu mulai menatapnya dari sisi psikologis, terlebih dia adalah seorang profesor psikologi. Modifikasi secara sistematis mulai dilakukannya, mulai dari merubah kepribadian, satu per satu, membangun sebuah identitas baru yang lebih modern, kompeten, bahagia serta lebih tenang.

Dr Driving semakin menunjukkan kepribadiannya di otak Leon, seolah seperti berbisik ketika Leon berkendara dan terus mengawasi pergerakannya. Lalu pelan-pelan Dr Driving mewujudkan beberapa efek sikap positif terhadap Leon saat berkendara seperti mengambil lebih sedikit resiko, memberikan hak jalan pengendara lain, menghormati aturan, berpikir cermat terhadap situasi lalu lintas serta peduli atas efek sebuah aksi saat berkendara. Jika meninggalkan Dr Driving maka kebiasaan lama bisa saja muncul mengemuka kembali, seperti mengemudi terlampau cepat, beresiko, selalu mencari celah dan kesempatan, sampai tindakan yang membuat emosi pengendara lain, penumpang sampai pejalan kaki.

Dr Driving hanyalah sebuah imajinasi dalam pikiran, kesadaran bawah sadar yang memberi kekuatan berubah kepada pemilik raga untuk melakukan modifikasi pada sikap berkendara mereka. Sebagai contoh jika pengemudi dalam keadaan tak beraturan dalam berkendara, tokoh imajinasi Dr Driving mereka akan mengambil alih dan memotivasi agar pengemudi kembali berlaku baik demi keselamatan.

Yah begitulah hasil pencarian saya tentang Dr Leon James dan tokoh nya Dr Driving. Soal statistik yang saya sempat tulis di awal artikel akan saya tulis di subject yang lain.

(Bersambung … )

2 thoughts on “Dr Leon James and Dr Driving

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s