AHM OPEN HOUSE – GET INSIGHT WITH BLOGGER


AHM OPEN HOUSE – GET INSIGHT WITH BLOGGER
14 Februari 2009

Tanggal 14 Februari ternyata menjadi hari yang penuh kejutan bagi kami blogger Indonesia yang mengkhususkan diri menulis seputar dunia otomotif. Hari itu PT AHM (Astra Honda Motor) memberikan kesempatan bagi kami datang berkunjung ke pabrik terbesar mereka yang berada di Cikarang (Plant 3 Cikarang).

Saya pun sama suprisenya, awalnya saya sedikit berharap agar tidak lagi berkunjung ke pabrik Honda, paska kunjungan saya ke tempat mereka di Sunter dan ikut merasakan sirkuit ketahanan Honda di Tipar Cakung saya berharap mendapat kesempatan masuk ke pabrikan lain. Murni demi memperluas jejaring sosial saya. Beruntung pabrik Honda yang dikunjungi bukan dua tempat diatas.

Pagi (14/2), kami berkumpul di Starbuck Tebet mulai jam 7 pagi. Hadir paling awal rekan-rekan AHM, salah satunya mas Tedy yang sudah saya kenal sebelumnya. Juga telah ikut duduk bro Triatmono. Saya pun bergabung sembari memesan Cappucino dan satu kue coklat hangat. Berturut-turut blogger lain hadir dengan gaya masing-masing. Ini semacam menjadi kopdar pertama saya untuk melihat sosok asli dibalik blog-blog otomotif mereka. Terlihat bro Stephen Langitan, bro Taufik pemilik blog Ninja 250R, bro Saranto yang saya kenal di MP, sampai bro Adi si blogger Alonrider. Datang sekitar 16 blogger dari berbagai latar belakang tulisan. Dari yang melek modifikasi, jagoan balapan, kritikus produk otomotif sampai penggiat safety riding macam saya. Disinilah saya akhirnya mengenali wajah-wajah di balik dunia blogging otomotif.

Puas sarapan pastry dan ragam kopi, kami pun berangkat ke Cikarang menggunakan bus. Tak memakan waktu panjang karena lalu lintas yang lancar dan hari yang cerah akhirnya kami masuk ke Kawasan Industri Cikarang. Surprise ! Sebuah banner besar menyambut kami di gerbang, bertuliskan “AHM OPEN HOUSE – GET INSIGHT WITH BLOGGER”, sebuah apresiasi tinggi yang coba diberikan pihak tuan rumah kepada para tamunya. Salut !

BLOGGER
Blogger sendiri adalah semacam Citizen Journalism. Hadir membawa pesan melalui gaya tulisan masing-masing, tanpa tedeng aling-aling blogger menuliskan apa yang mereka rasakan terhadap segala situasi dan kondisi. Tak terkecuali keberadaan ragam produk otomotif. Kami, Blogger, adalah fotografer, penulis, editor, bahkan eksekutor terhadap pemberitaan kami. Beda dengan jurnalis konvensional yang masih menjaga etika jurnalisme dalam meliput pemberitaan dan kadang masih kurang menohok dalam mengkritisi sesuatu. Blogging adalah FREE JOURNALISM, tidak ada tekanan apapun terhadap meja tulis kami. Mungkin atas dasar kejujuran penulisan gaya blogger inilah yang membuat pihak AHM membuka pintu lebar-lebar untuk bersilaturahmi dan menjalin pertemanan yang lebih jauh.

Saya melihat sebuah kesempatan berharga untuk memberikan segala jenis masukan dan kritikan. Sama halnya seperti yang dipikirkan blogger dalam sesi tanya jawab. Semua hal yang masih terpendam di hati langsung terpuaskan di dalam sesi ini yang akhirnya molor panjang dari jadwal karena begitu banyak hal yang harus keluar dari pemikiran kami para blogger.

COMPANY PROFILE
Dalam pengenalan lebih dekat dengan apa itu Astra Honda Motor, pak Kristanto selaku Head of Corporate Communication maju di depan ruangan dan memberikan brief singkatnya. AHM sendiri awalnya bernama PT FEDERAL MOTOR (1971), yang kemudian pada 1 Januari 2001 menjadi PT ASTRA HONDA MOTOR. Share holding dibagi rata 50-50 antara Astra Internasional Tbk dan Honda Motor Co, Ltd.

Ingin tahu berapa besar kekuatan produksi motor mereka di tiap-tiap cabang pabrikan ? Sunter mampu memproduksi 4400 unit/day, Pegangsaan 3600 unit/day, sementara CIkarang sendiri mampu menghasilkan 4000 unit/day dari lahan 30 Ha mereka. Jumlah yang mencengangkan dan dari jumlah ini lah lalu lintas jalan di Indonesia semakin padat. Plant 3 Cikarang ini sendiri hadir sejak 30 September 2005. Disinilah ragam tipe cub dan matic produksi.

Ruang 1 berisi Assembly Engine, ruang 2 berisi olahan Casting, ruang 3 Frame Component dan berakhir di ruang 4 Final Assembly. Hari itu kami berkesempatan melihat produksi matic dari mulai part terkecil hingga instalasi penuh satu bodi beserta isinya menjadi satu unit motor siap jalan.

SESI TANYA JAWAB
Berbekal penglihatan blogger terhadap proses produksi membuat sesi tanya jawab menjadi sesi penting bagi kami, karena melalui sesi inilah kami berhak mengumbar kritikan maupun pujian terhadap perusahaan market leader di bidang otomotif roda dua.

Jika bisa disedikit disimpulkan ada beberapa hal yang dapat saya catat di buku kecil AHM saya :

• Strategi Warna. AHM dikenal banyak menggelontorkan pilihan warna untuk konsumen, dan berdasar riset bahwa pengendara di bawah usia 25 tahun menjaring lebih dari 53 % pangsa pasar.
• Pemerataan warna juga melihat dari demand tiap-tiap lokasi penjualan. Karena tak bisa dipungkiri tiap-tiap daerah memiliki keinginan warna mereka masing-masing.
• Sistem injeksi mengalami penjualan yang baik yaitu berkisar 4500 unit per bulan. Sistem injeksi sendiri menawarkan sistem teknologi pengapian yang lebih maju, lebih presisi, lebih irit ketimbang sistem karbu konvenional. AHM menghadirkan sistem ini di line produk Honda Supra X 125 mereka.
• Saat ditanya apa akan ada produk baru tentunya jawaban pun akan sesuai perkiraan. Ya akan ada, tapi belum bisa di publikasikan.
• Soal penjiplakan model Honda ke varian sepeda motor pabrikan lain, Honda juga telah melakukan somasi terhadap kasus penjiplakan ini. Kasus tengah berlangsung dan jika mengharuskan naik ke meja hukum secara tegas Honda menyatakan siap menghadapi segala situasi.
• Salah satu pertanyaan juga mengemuka soal kesediaan spare part untuk line produk yang telah berhenti produksi. Menurut narasumber internal AHM sendiri mereka menyebut bahwa spare part produk tetap akan diproduksi 7 tahun ke depan sejak sebuah varian itu diputuskan berhenti di produksi.
• Semisal ada keinginan memburu spare part original untuk produk lawas, silakan larikan keluhan ke Call Center Honda dimana mereka coba membantu menyediakan baik yang sifatnya benar asli atau sibstitusi dari merk lain yang sejenis.
• Datang dari konsumen Honda CS1 saya merasa berkewajiban menanyakan progress penjualan tipe ini. Cukup menggembirakan karena serapan pasar mampu menghasilkan angka kurang lebih 9000 unit/bulan untuk penjualan. Konsumen CS1 bisa berbangga hati karena jenis cross-over ini tidak di produksi di luar negri di bawah arahan Honda. Desain ini murni hasil karya anak bangsa. Desain yang aneh tapi juga super menarik.
• Soal Safety Riding sendiri, AHM melalui banyak dealer nya mulai mengangkat issue ini sejak akhir 2002. Sebuah usaha yang layak diacungi jempol meski masih banyak yang harus dibenahi baik dari pola pelatihan hingga metode kampanye.
• Poin penting yang coba saya kritisi adalah pemberian perlengkapan aman berkendara. Saya secara langsung menyatakan buruknya kualitas helm gratisan dari pabrikan/dealer. Pembenahan ternyata juga tengah berjalan dimana helm model tipis yang banyak diberikan ke konsumen per Desember 2008 mengalami perubahan. Untuk jenis motor sport diberikan full face dengan kategori layak pakai. Setara dengan helm yang dijual massal, mulai dari sisi desain, ketebalan material hingga model kancing pada dagu. Sementara di luar tipe sport konsumen berhak mendapatkan jenis half face dengan kualitas yang sama baiknya. Berbeda jauh dari helm yang telah saya tulis keburukannya beberapa bulan yang lalu.
• Ini belum lagi pertanyaan-pertanyaan menarik lain. Intinya semua puas menyebarkan keluhan dan masukan.

SESI TEST RIDE
Kelar break makan dan sholat, blogger kembali ke aula untuk mendapatkan presentasi materi Safety Riding di bawah arahan pak Surya. Disini pula saya berkesempatan tukar kartu nama dengan petinggi Safety Riding AHM bro Anggono Iriawan, beliau menjabat Safety Riding Promotion Department. Bicara SR tidak cukup sebentar sampai akhirnya terlontar ide untuk kembali bertemu di lain waktu demi sebuah materi bernama SAFETY RIDING.

Menurut isu yang coba saya korek, AHM sendiri tengah menyiapkan ladang pembelajaran Safety Riding secara total. Memakan tempat yang luas dan diproyeksikan tempat ini akan menjadi pusat bagi mereka yang ingin mempelajari lebih dalam apa itu pentingnya sebuah keselamatan berkendara. Celah besar bagi para penggiat kampanye SR untuk mewujudkan mimpinya melihat perubahan sikap dan mental pengendara ibukota yang sudah terlanjur dicap buruk.

Kelar kelas SR, blogger pun bergerak menuju mini sirkuit yang telah disiapkan pihak AHM. Telah siap (lagi-lagi) penganan dan minuman, berikut perlengkapan aman bekendara. Satu unit masing-masing Honda Tiger New Revo, CS1, Beat hingga Revo 110 dan Blade 110 siap di uji coba blogger. Masing-masing hadir dengan kenyamanan berkendaranya dan menyasar pasar yang berbeda-beda.

USAI
Setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Kurang lebih jam 16 pun blogger bertolak pulang. Tak lupa sesi dokumentasi kami lakukan jika ada kesempatan. Akhir kata terima kasih sebesar-besarnya pada pihak AHM yang telah meluangkan waktu bagi kami para blogger.

Pada tanggal 14 Februari jugalah bro Stephen ber inisiatif mendeklarasikan sebuah komunitas independent baru. KOMUNITAS BLOGGER OTOMOTIF INDONESIA, begitu sebutannya. Secara singkat justru terbaca nama lucu, KOBOI. Saya yakin nama ini masih bisa berubah sesuai diskusi lanjutan melalui milis dan grup Facebook. Menarik dan membuat semangat para blogger otomotif untuk memberikan hasil terbaik melalui tulisan yang transparan khas blogger.

Kaos hitam Honda Community, 2 set gantungan kunci, pin, brosur produk dan ditambah paket Valentine karena bertepatan dengan tanggal 14 Februari. Apa isinya? Paket coklat manis berbentuk hati plus pisau lipat Honda-Victorinox. Super bermanfaat bukan? Belum lagi bungkusan snack di bus yang isinya lezat-lezat.

Wah sangat memuaskan. Apalagi saya datang berbekal kedekatan dengan produk Honda karena sebelum mengendarai Honda CS1 saya juga telah meminang Honda Vario dan sebelumnya Honda Karisma X. Semuanya adalah line up tertinggi pada masanya untuk tiap varian.

Semoga pertemanan dengan blogger ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan bisa saling menguntungkan.

dokumentasi :
http://s248.photobucket.com/albums/gg189/arantan/Visit_Honda_Plant_Cikarang/

One thought on “AHM OPEN HOUSE – GET INSIGHT WITH BLOGGER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s