R2 – MOTOBIKE – BIKERS


Membandingkan 3 majalah bernuansa otomotif roda dua ternyata cukup sulit menghasilkan data valid. Kurang lebihnya mereka saling mengisi dalam memberikan informasi kepada para pembacanya. Apa saja majalah yang dimaksud ? Ada R2, MOTOBIKE, serta terakhir BIKERS.

R2
Hanya 64 halaman. Layout satu sama lain sama saja dengan majalah sejenis. Dari jenis font sepertinya kudu mengalah dengan yang lain, jika dibuat peringkat ya R2 lah yang paling buncit.

Agak sedikit mengganggu jika melihat tester rider R2, terutama mas-mas yang berkumis yang kadang terasa mengurangi greget tampilan motor secara umum. Mungkin harus dicari wajah yang lebih rider-friendly. *maaf ya mas tester*. Dibanding yang lain, R2 menyuguhkan data harga motor bekas nasional plus daftar harga lain yang dirasa cukup bermanfaat bagi rakyat roda dua.

Dari penamaan majalah jelas R2 adalah sebuah singkatan RODA DUA. Entah apa ada arti lain dibaliknya. Fyi, R2 adalah turunan langsung tabloid Otoplus.

MOTOBIKE
Berisi 80 halaman dengan layout kurang lebih sama dengan yang lain. Motobike adalah jelmaan lain tabloid Otomotif. Jenis font adalah kedua terbaik, dinilai semata-mata demi memuaskan mata saat membaca halaman per halaman.

Modifikasi dan informasi motor baru tetap jadi andalan dan semua menjadi tipikal generasi majalah penyedia informasi roda dua. Dalam artikel yang patut ditiru adalah pemasangan ‘warning’ agar foto yang tampil tidak serta merta diikuti oleh pembaca awam. Karena bagaimana pun atraksi pada gambar hanya di peruntukkan bagi yang sudah ahli.

Bonus lain adalah sisipan kalender bulanan bergambar motor-motor besar. Plus wanita dalam motor, yup MOTOBABES. Cukup menggairahkan mata di tengah semburan gambar-gambar knalpot.

BIKERS
Majalah satu ini tak lain turunan dari MotorPlus, ga heran pake nama lain MotorPlus Magazine. Konsepnya terlihat lebih mendekatkan diri ke sosok bikers nya (baca: pengendaranya). Halaman sama dengan Motobike yaitu 80 halaman.

Fitur menarik yang terdeteksi adalah halaman informasi situs bikers menarik, halaman Foxy Lady (teteup cari yang bikin semangat) plus acara jalan-jalan, kebetulan di edisi terakhir ini menggunakan Honda CS1 sebagai media wisata kuliner.

PESAN SAFETY RIDING
Ini yang kadang membuat gemas. Begitu banyak hal bisa dilihat dan dliput dari sisi modifikasi motor hingga tampilnya varian baru dari para ATPM, tapi begitu sedikit hal yang terangkat berkenaan dengan isu kampanye Safety Riding (SR). R2 tampil buruk karena hanya menyelipkan tips menaklukan banjir, itupun murni bukan pembelajaran sisi SR. Nilai plus coba diambil MOTOBIKE yang menyertakan narasumber founder JDDC (Jakarta Defensive Driving Consulting), pak Jusri Pulubuhu. Beliau meyertakan berbagai tips dalam artikel satu halaman RIDE AND SAFE. Sementara BIKERS tampil jauh lebih baik meski masih saja terbilang kurang. Tetap sama dengan semangat Ride with Care, BIKERS menampilkan 2 halaman bernuansa SR dan satu di akhiran halaman.

Sebenarnya jika dikuras, artikel SR banyak sekali yang bisa diangkat. Ini murni untuk menyiasati model kampanya agar terlihat berbeda. Ditengah membaca berita modifikasi, tentunya perhatikan juga celah untuk men-doktrin pembaca dengan bacaan bermanfaat, baik yang sifatnya ringan seperti meningkatkan safety awareness hingga tips trik teknik berkendara secara profesional.

Satu-dua halaman tidak cukup untuk SR.

Kembali ke pemilihan, sepertinya akan lari ke selera masing-masing. BIKERS memiliki potensi yang lebih baik keitmbang yang lain, posisi dua diisi MOTOBIKE lalu R2.

Pilih mana ?

sumber foto : Facebook MOTOBIKE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s