DVD Adventouride KHCC : Ujung Genteng


Bagi penikmat perjalanan panjang tentunya dokumentasi dalam bentuk apapun akan sangat diperlukan. Kali ini KHCC menyulap rekaman video menjadi film ber-format DVD ber durasi lebih dari 60 menit. Cover sederhana bersanding dengan hasil apik rekaman sepanjang 3 hari perjalanan. Celotehan khas para peserta turing dari yang mulai melakukan ledekan ke mereka yang absen turing sampai berkali-kali menunjukkan jempol mereka pertanda turing ini super mengasyikan.

Rekaman awal memperlihatkan persiapan peserta turing di titik kumpul POM Bensin Tj. Barat. Tak kurang dari 20 peserta termasuk mekanik siap melakukan perjalanan lebih dari 6 jam ini. Brief dan doa serta pesan-pesan dari Pengurus KHCC terucap bergantian. Film terus berputar memperlihatkan situasi grup turing dari Jakarta menuju tempat berhenti pertama di pom bensin Cibadak. Tak terlihat wajah lelah dari peserta, antusiasme tetap menjadi bagian penting semangat perjalanan. Lalu putaran film dilanjutkan dengan isi perjalanan, kehadiran di Ujung Genteng hingga ragam aktifitas di penginapan mulai dari hari pertama hingga hari terakhir.

Konsep terbilang bagus disertai lagu-lagu menarik yang sesuai dengan gerak para peserta. Kelemahan mungkin datang dari pencitraan situasi perjalanan yang terbilang banyak yang terlewatkan. Formasi konvoy ‘missed’ di beberapa momen menarik di jalur Surade – Ujung Genteng. Jelang penginapan pun perjalanan pinggir pantai kembali terlewatkan. Mungkin kelemahan ada di pihak yang melakukan ‘shoot’ karena pengambilan gambar terlihat bergantian. Setidaknya itu yang terlihat dari para peserta terhadap keberadaan kameramen yang berganti-ganti. Perjalanan hari ke dua juga banyak momen yang ‘missed’ mulai dari keberadaan teman-teman backpacker, situas gua Gn. Sungging hingga lokasi eksotis Curug Cikaso, padahal jika diniatkan perjalanan hari kedua jauh lebih menarik karena menelusuri 3 titik wisata di Ujung Genteng. Untungnya di tiap titik tadi tetap berhasil diabadikan sehingga paling tidak ini bisa jadi ‘barbuk’ ke pihak lain yang kehilangan momen turing ke Ujung Genteng.

Sebuah pelajaran berharga untuk seksi dokumentasi agar tidak banyak melewatkan momen penting sebuah turing, dimana rekaman selama perjalanan jauh lebih menarik ketimbang menyorot sisi yang lain. Secara umum isi video layak diajungi jempol. Ilustrasi mumpuni meski masih perlu perbaikan tetap lah video ini layak di koleksi oleh para peserta turing. Yang bukan peserta setidaknya dapat ikut memiliki, sekedar untuk melihat bagaimana konvoy KHCC itu bergerak. Harga terjangkau dan video dapat dipesan melalui bro Atma di 021.99095871. Terima kasih kepada seluruh peserta dan pihak pendukung atas supportnya terhadap kelancaran turing KHCC akhir tahun ini. Next destination is … tetap pantau milis karisma_honda@yahoogroups.com.

*that’s why i need my own on board camera*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s