Ride Report : Ujung Genteng Day Two


TRIP DAY TWO

Rencana awal rombongan akan bergerak menuju daerah wisata Goa Gunung Sungging, Air Terjun Cikaso dan Cigangsa, serta Pabrik Gula Kelapa plus pemandangan Amanda Ratu. Rencana akhir rombongan hanya bergerak ke Goa Gn Sungging, Cikaso dan Amanda Ratu saja. KM awal dari penginapan adalah di angka 9565.3 dan berakhir sore hari di angka 9648.5. Alhamdulillah puji syukur pada Tuhan yang memberikan cuaca teramat cerah untuk menemani rombongan wisata pagi hingga sore hari.

Estimasi berangkat yaitu jam 09 terpaksa agak molor karena belum siapnya rombongan, sementara mas Petrus sudah siap dengan rombongannya sendiri. Atur waktu kami pun bergerak menyusul dan langsung menuju Goa Gunung Sungging. Jalur yang ditempuh agak sulit dijelaskan tapi yang jelas arahnya tidak sampai ke arah POM bensin Surade. Untuk yang berkendara mungkin harus lebih sigap ambil posisi bertanya pada penduduk sekitar karena letak Goa yang ada di tengah kediamanan para penduduk. Jalur pun harus melalui jalan setapak tapi masih bisa dilintasi motor, hati-hati space nya teramat sempit dan berbatu serta posisi lahan parkir di kediaman kuncen goa yang ada di tingkat yang tinggi. Parkir menghabiskan kurang lebih 50ribu dan memberikan kuncen tanda terima kasih sebesar 250ribu. Jalan masuk goa melintasi pematang sawah yang hanya bisa dilalui berjalan kaki. Mulut goa hanya dihiasi satu buah rumah sawah kecil.

Offroad fase dua telah terlewati di jalur goa ini. Konon salah satu lubang di goa bisa menuju kota Garut, goa yang kedalamannya bisa sampai 3km ini menyimpan berbagai aura mistis dan keindahan perut bumi hasil kuasa Yang Maha Esa. Perjalanan dalam goa hanya dibekali dua buah petromak, jangan sampai tertinggal cahaya jika tak ingin tersesat. Udara pun terbilang makin lama makin ‘sumpek’, terlebih jumlah peserta yang masuk demikian banyak. Kaos pun harus rela jadi basah karena keringat. Tapi itu sama sekali tidak menghapus keceriaan peserta mendapatkan pengalaman baru.

Lepas dari Goa Gunung Sungging peserta dan boncengers pada backpacker bergerak ke Air Terjun Cikaso. Sebelum arah POM bensin Surade cukup jelas terlihat arah penunjuk jalan ke Perkebunan Cikaso, ikuti jalan terus tak kurang dari 7km. Bertemu pertigaan tetap ambil jalur lurus dan lihat sebelah kanan ada penunjuk jalan coretan di tembok bertulis “Curug Luhur Cikaso”. Di pemukiman penduduklah kami berhenti parkir dan langsung berganti dengan moda perahu seharga 50rb PP berisi kurang lebih 12 orang. Paska perahu rombongan melanjutkan perjalanan beberapa meter sebelum menikmati Curug Cikaso. Tiga buah air terjun sama indahnya yang membuat sebagian dari kami melepaskan diri terjun berbasah-basah. Benar-benar indah !

Lepas Cikaso rombongan memilih makan siang di salah satu rumah makan di jalur kepulangan Surade – Ujung Genteng. Harga cukup terjangkau dan tempat yang lumayan nyaman. Awalnya sempat tertarik mencoba salah satu menu yaitu telur penyu, saya pikir telur itu matang tapi justru harus dimakan seluruhnya berikut kulit, yang ada justru agak ‘eneg’, untungnya telur tadi ada yang mau mencoba jadi ya tidak lantas jadi percuma beli. Setelah melalui pertimbangan dengan tim akhirnya kami melepaskan kesempatan mengunjungi Curug Cigangsa dan Pabrik Gula Kelapa dan lebih memilih langsung ke wisata pemandagan Amanda Ratu. Di Amanda Ratu yang jadi satu lokasi dengan Villa Amanda Ratu pengunjung cukup membayar tiket parkir 1000 rupiah. Parkir dan silakan berjalan-jalan di area hijau sambil mata jauh memandang bukit Amanda Ratu. Rute akhir yang sudah cukup menjadi titik akhir perjalanan sebelum rombongan bergerak pulang kembali ke penginapan.

Sore hari lepas sunset akhirnya kami beristirahat dan malamnya melakukan sedikit seremoni pengundian doorprize serta forum terbuka bareng dengan 6 backpacker yang saling tukar cerita latar belakang komunitas masing-masing. Hasil undian menaruh keberuntungan ke tangan bro No-Q yang mendapatkan voucher Shell dari www.jalanraya.net serta bro Andika yang mendapatkan hadiah helm NHK dari www.tokohelm.com. Selamat buat kalian berdua bro !

What a Trip di Hari Kedua !

( BERSAMBUNG … )

Advertisements

Published by:

andryberlianto

Daily life a modern motorcycle traveler and a (motorcycle) safety consultant. Fell in love with Kulonprogo sampe ngaku-ngaku asal Jogja ... #proud #TamanSungaiMudal #KulonprogoYuk #JogjaIstimewa #progomoto #RifatDriveLabs

Categories UncategorizedLeave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s