Ride Like a Master !


Kebutuhan pelatihan Aman Berkendara yang akrab disebut ‘Safety Riding’ idealnya sudah menjadi kebutuhan banyak pihak bagi mereka yang berkutat dengan kendaraan roda dua sebagai kendaraan operasional harian. Jalan raya yang sudah demikian padat bercampur dengan fakta bahwa banyak pengendara hanya mengandalkan keberanian tanpa dibarengi tanggung jawab untuk saling peduli sesama pengendara, belum lagi menomor duakan ‘skill’ atau kemampuan yang kerap menjadi awal dari sebuah kecelakaan jalan raya. Apa usaha yang sudah dilakukan oleh kita untuk menjadi pengendara yang bebas dari sebuah peluang kecelakaan entah menjadi penyebab maupun menjadi korban. Hal ini yang menjadi pegangan Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) untuk terus bergerak di jalur operator pelatihan berkendara secara bertahan atau lebih akrab disebut ‘Defensive Riding’.

“Dari Kita, Untuk Kita !”, sebut pak Jusri Pulubuhu, kepala instruktur ‘safety riding’ JDDC yang hari itu menemani rekan-rekan dari Indonesian Bikers Society 888 berlatih bersama sebuah pelatihan Aman Berkendara bertajuk ‘Riding Dynamic Course – Ride Like a Master’ di bilangan Pondok Pinang Jakarta Selatan. Tak kurang dari 10 pengendara motor besar secara aktif mengikuti tahapan demi tahapan setiap pelajaran teori dan praktik yang hari itu juga dipandu oleh bung Joel D.Mastana, nama yang tak asing yang selalu bergelut di pelatihan ‘safety riding’ motor-motor besar. Tak kurang ragam tipe motor besar hadir mulai dari ragam varian Harley Davidson hingga Honda Gold Wing di sela cuaca terik Jakarta Minggu pagi (19/10).

Bagi komunitas IBS 888 event seperti ini terhitung sebuah pengalaman baru, komunitas motor besar yang baru saja terbentuk 8 Agustus 2008 ini datang dari berbagai latar belakang profesi mulai dari pengusaha, dokter hingga artis/presenter seperti Adi Nugroho yang hadir dengan Electra Police-nya, meski bukan dipakai sebagai kendaraan harian melainkan datang dari hobi kesempatan ini benar-benar membuka cakrawala pengetahuan baru di dunia berkendara karena memang banyak sekali hal-hal yang senantiasa luput dari perhatian, hal kecil ternyata menjadi penting dan kebiasaan yang dilakukan ternyata kadang adalah sebuah kekeliruan.

Seperti yang diutarakan oleh salah satu peserta pelatihan yaitu bro Agus yang hari itu datang mengendarai Honda Gold Wing dengan singkat, “Bagus dan bermanfaat!”. Pelatihan yang hari itu dipandu secara bergantian oleh pak Jusri dan bung Joel berjalan komunikatif dan selalu berisi materi-materi ilmu aman berkendara yang teramat sayang untuk dilewatkan seperti bagaimana peserta di ajarkan untuk ‘membangunkan’ sepeda motor yang tengah tidur paska jatuh, posisi tangan mengenggam grip gas, posisi tubuh saat berkendara hingga membedakan perilaku berbelok dengan teknik ‘counter weight’ dan ‘counter steering’.

Dua teknik tersebut berbeda gaya dimana ‘counter weight’ lebih tepat digunakan saat motor berbelok di kecepatan rendah dan menggunakan pinggul sebagai kendali sementara ‘counter steering’ lebih tepat digunakan pada kondisi berbelok dengan kecepatan tinggi dimana tubuh mengikuti rebahan motor.

Seolah satu hari saja tak akan cukup bagi peserta yang hari itu juga diajak mencicipi banyak trek seperti meniti papan keseimbangan, teknik menekan rem dengan benar, melintasi gundukan hingga teknik berputar serta slalom. Idealnya hasil pelatihan ini dapat terbawa pada kondisi berkendara di keseharian dan terus menempatkan perilaku ‘Defensive Riding’ menjadi yang utama. Ride Like a Master ! (abee)

DOKUMENTASI LENGKAP DISINI

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s