APOCALYPTO


“Let’s Seek a New Beginning !”, sebut Jaguar Paw kepada keluarganya di akhir cerita film dengan latar belakang suku Maya “APOCALYPTO”. Film arahan Mel Gibson ini sukses menahan mata dari tidur semalam. Siapa Jaguar Paw ?

Jaguar Paw, sosok warga suku Maya yang diperankan Rudy Youngblood menjadi sosok sentral petualangan dramatis tentang perjuangan melepaskan diri dari musuh yang gemar mengorbankan manusia demi sebuah kesejahteraan desa. Visualisasi sempurna penggambaran suku tradisional dari bentuk pembalut tubuh, kuping yang panjang berlubang, gigi yang buruk, senjata tradisional hingga ekspresi-ekspresi mengerikan sekumpulan suku tradisional di tengah hutan menjadi tontonan yang menggetarkan antara penasaran dan rasa takut. Cerita mulai terangkat setelah suku tempat Jaguar Paw dijajah secara brutal dengan penggambaran yang mengerikan. Jaguar Paw berhasil menyembunyikan keluarganya di dalam lubang seperti sumur dan terus berusaha untuk melawan sang penjajah. Dalam petualangannya itulah Jaguar Paw ditakdirkan sebagai seorang penyelamat bagi keluarganya setelah satu per satu musuh bisa dikalahkan dengan cara-cara yang ekspresif. Tenggelam di kuburan massal, melompat di air terjun hingga terbenam di pasir hisap menjadi usaha Jaguar Paw dalam menyelamatkan diri dan membuat perhitungan.

Akhir cerita pasti bisa ditebak bahwa usaha penyelamatan diri berakhir dengan kemenangan di tangan Jaguar Paw. Sembari menggendong putra kecilnya yang lahir di dalam sumur tadi dan menggandeng si kecil Turtle Run dan diikuti Seven sang istri, mereka berkelana menyambut hidup baru dimana di lain tempat orang-orang Spanyol sudah mulai berdatangan dan parkir di sisi pantai.

Petualangan yang hebat dari aksi sutradara Mel Gibson.

*thanks to Star Movies buat filmnya semalam*

Advertisements

About this entry