POLISI TIDUR – Speed Bumps – Road Hump


Pernah merasa risih dan sebal saat melintasi polisi tidur (poldur) ? Apalagi jika posisinya tidak membuat nyaman berkendara, bentuk lancip tidak landai, kadang berukuran besar atau mungkin jarak antar poldur yang terlampau dekat. Demi keamanan perumahan terkadang penempatan poldur justru membuat gerah pengendara yang hendak nyaman melintas. Salah satu efek buruk jangka panjangnya bisa berupa rusaknya shock motor atau bisa jadi merembet ke pemborosan bensin akibat gaya ‘stop and go’ saat menerjang poldur. Apa jadinya jika pada suatu saat kita dalam posisi terburu-buru seperti ke rumah sakit sementara cukup banyak poldur bertebaran, mau ga mau kita harus punya pengetahuan alternatif jalan.

Berdasarkan Keputusan Menteri (KM) Perhubungan Nomor 3 Tahun 1994 tentang Alat Pengendali dan Pengaman Pemakai Jalan , bentuk poldur yang benar adalah berbentuk landai (*lihat gambar) sehingga nyaman dilewati. Sepertinya pemahaman masyarakat tentang bentuk poldur yang ideal kurang tersosialisasi dengan baik, ujungnya masing-masing membentuk poldur dengan caranya sendiri, termasuk membangun poldur tiap 10m dengan tujuan kendaraan akan berjalan lambat dengan bentuk yang tidak seragam.

Sekilas menyimak asal kata polisi tidur versi web gendenk.com adalah sebagai berikut :
—————————–
Entah darimana kata ini muncul ke permukaan. Apakah ini menggambarkan sesuatu, juga ga jelas juntrungannya. Ada yang bilang ini menunjukkan keberadaan polisi yang bersedia menjaga masyarakatnya bahkan hingga rela tiduran dijalan untuk tujuan itu.

Tapi ga sedikit yang memplesetkan (atau jangan-jangan ini arti sebenernya), perumpaan ini dengan, saking malesnya polisi jaga, maka mereka melakukan tugasnya sambil tidur-tiduran. Bahkan ada juga orang yang yakin asal muasal kata polisi tidur karena bentuk barang ini membulat seperti perut polisi sedang tiduran. Ada loh orang yang melampiaskan kekesalannya terhadap polisi beneran ke polisi tidur ini, ditabraknyalah kenceng-kenceng barang ini, haha.

Ga jelas mana yang bener. Yang penting kita harus hati-hati menggunakan kata ini, karena memang sudah menyeret satu perusahan (rokok) besar yang iklannya memasukkan kata-kata ini kedalam promosinya, untuk diadukan kedalam kerangka hukum.

Polisi tidur dalam bahasa Inggrisnya nyerempet dengan kata Road Hump (bukan sleeping policemen) bertujuan untuk menghambat laju kendaraan.
—————————–

Benar adanya bahwa poldur diciptakan untuk memperlambat laju kendaraan saat melintasi daerah tertentu, tapi tentunya wawasan si empunya lingkungan juga harus terbuka tanpa harus mengorbankan kenyamanan pihak lain sebagai pengguna jalan. Barangkali informasi yang ada di artikel ini bisa anda ‘share’ ke lingkungan di sekitar anda sebelum membuat sebuah atau seorang POLISI YANG TIDUR.

*terimakasih buat weblog Ninja250R atas ilhamnya*

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s