HTML – Group Riding Course 2008


(Sabtu, 31 Mei 2008) Kepedulian sebuah komunitas sepeda motor terhadap issue Safety Riding kali ini ditunjukkan oleh sebuah komunitas pengendara Honda Tiger yang lebih dikenal dengan nama HTML atau Honda Tiger Mailing List. Sabtu pagi bertempat di Auditorium Kebun Binatang Ragunan, HTML mengadakan event bertajuk GROUP RIDING COURSE (GRC) 2008. Acara yang sempat terlambat dimulai akhirnya berjalan santai dan cukup mengundang rasa ingin tau para peserta GRC yang datang. Acara yang juga dihadiri bikers non-HTML seperti anggota komunitas motor Vario, Karisma, Vega, V-Ixion hingga Phantom ini berjalan baik dengan menampilkan nara sumber yang bisa dipegang kebenaran materinya. Kurang lebih 80-an peserta hadir di dalam aula sejuk berbekal materi dalam bentuk hardcopy dan suvenir menarik yang dibagikan di pintu masuk saat registrasi.

Pembicara awal hadir dr. Edy selaku pelaku medis yang kali ini mengangkat topik berkendara dilihat dari perspektif medis modern. Beliau dalam materinya menyampaikan informasi seputar fenomena banyaknya perilaku manusia yang mengandalkan “energy drink” dalam mendukung kinerja tubuhnya sehari-hari. Batas dalam miligram menyatakan bahwa manusia tidak boleh lebih dari 100-150 mg per hari dalam meng konsumsi “energy drink”. Efek instan dari minuman ber-energi adalah dalam 30 menit secara teori dapat meningkatkan stamina yang membuat badan kembali aktif. Hal seperti inilah yang seharusnya dapat dihindari dan disarankan untuk dapat memilah porsi yang hendak diambil dan kembali pada batasan 100-150 mg per hari.

Beliau juga memberi masukan untuk para pengendara agar tidak memaksakan badan saat badan tersebut menuntut untuk beristirahat. 2 jam berkendara idealnya diberikan jeda untuk rehat demi pulihnya kembali stamina, patokannya menurut beliau adalah jika kita mampu berlari konstan selama 40 menit berarti kita dapat fokus dan tetap aware selama 80 menit saat berkendara. Semua kembali kepada stamina pengendara, makin lama dia dapat melakukan simulasi berlari, makin lama pula dia dapat tetap fokus dalam melakukan kegiatan, misal kegiatan berkendara.

Kelar materi dari sisi medis, GRC menampilkan pembicara dari tim HSRT mengenai Group Riding sebelum akhirnya GRC masuk ke waktu rehat ibadah dan makan siang.

Paska rehat, materi yang diangkat adalah soal maraknya penggunaan Radio Komunikasi di kalangan bikers. Penempatan antena yang menjulang di sela-sela box di buritan bagi sebagian orang dianggap perlu untuk mendengar berita paling up to date yang beredar di kalangan pengguna radio komunikasi (rakom), mulai dari berita lalu lintas, kecelakaan hingga berita gosip lintas klub dan komunitas.

Pembicara yang datang dari kalangan RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) menjelaskan beberapa persyaratan administrasi masuk ke internal pengguna rakom RAPI hingga penjelasan teknis pemasangan rakom di media motor. RAPI yang bermain di frekuensi 140.000 hingga 143.600 juga membuka diri bagi mereka yang antusias mengenal lebih dekat soal rakom untuk datang menghampiri kantor mereka yang berlokasi di Jl. Usaha Cawang Jakarta Timur atau saat mereka kopdar di Citos Jakarta.

Sesi terakhir lebih kepada ajakan bagi calon anggota baru HTML untuk lebih mengedepankan nilai-nilai positif yang selama ini di emban oleh HTML. Oknum yang datang silih berganti mencemarkan nama baik HTML di jalan raya tidak membuat HTML patah arang untuk memperbaiki diri dan ber introspeksi ke dalam.

GRC di Ragunan yang merupakan tahap awal dari rangkaian 3 event HTML akhirnya berakhir dengan baik dan diharapkan menyisakan panduan positif demi membangun rider untuk lebih baik saat berkendara, tidak hanya berkendara saja tapi juga menghormati setiap jengkal peraturan lalu lintas yang tersebar di jalan raya. Konsep sederhana yang ditunjukkan HTML (Safety Ride – Attitude Ride – Green Ride) yang idealnya dapat diikuti oleh berbagai klub dan komunitas bermotor dalam mendidik para anggotanya untuk menjadi lebih baik serta santun dalam berkendara.

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s