Hati-hati saja Tidak Cukup


Hati-hati saja tidak cukup ! Kalimat singkat dari mulut seorang tukang bubur ayam yang nge-tem di depan RS Sumber Waras Grogol. Pagi itu si Bapak tengah menyajikan bubur hangat kepada satu pelanggannya dengan sikap yang antusias. Saya yang baru saja datang untuk beli bubur agak surprise juga kok tiba-tiba si Bapak pembeli bertanya apakah orang yang kecelakaan masih terduduk di fly over Roxy. Saya jawab iya seraya berusaha memaafkan diri sendiri karena tidak sempat berhenti membantu, maklum masih dengan kecepatan tinggi di lajur kanan dan rada riskan jika harus menepi, toh sudah ada 3 rekannya yang menemani. Si Bapak yang tengah mengaduk buburnya juga terus berceloteh tentang fenomena kecelakaan yang selalu singgah di jalur Grogol ini. Setiap hari ada saja yang celaka akibat kelalaian antisipasi hingga faktor separator yang kadang membuat kendaraan roda dua terjungkal.

Saat naik dan turun Fly Over, titik ini kerap mengundang celaka jika pengendara tidak aware pada situasi sekitar, separator yang rendah hingga kadang tak terpantau mata hingga perilaku zig-zag kendaraan yang saling main potong dapat mengakibatkan benturan satu sama lain. Sigaplah mencermati keadaan dan ada baiknya memilih lajur kiri ketika turun dari Fly Over, tetap pantau kaca spion karena bagaimanapun spion bertindak layaknya mata yang ditempatkan di punggung.

Sambil meramu menu. si tukang Bubur juga bercerita tentang fenomena kebut-kebutan yang anehnya justru jarang berakhir dengan celaka, entah faktor keberuntungan atau mungkin sang Pencipta tengah mencari konsep luar biasa agar si pembalap liar ini cedera. Kendaraan, Manusia dan Lingkungan memang menjadi faktor penyebab insiden di jalan raya, berusalah agar kita sebagai pengendara tidak menjadi penyebab dari sisi faktor Manusia. Jangan selalu berdalih bahwa semua adalah hitung-hitungan yang Kuasa dan menyerahkan semuanya pada nasib dan takdir. Antisipasi tetap harus dilakukan, entah melalui perilaku, atribut dan selalu mengucap doa sebelum berkendara.

Sadar Aman Berkendara untuk Keselamatan Bersama.

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s