Not All Bikers are Brothers


Sadar atau tidak sadar kita hidup dan bersosialisasi tidak hanya di tengah para kawan melainkan juga para lawan, orang yang awalnya mungkin pantas dihormati justru lambat laun bisa saja memiliki sifat kontradiktif yang ujungnya memiliki potensi merusak harmonisasi yang sudah terbangun.

Konsep dasar kata “brotherhood” jika secara awam diterjemahkan menjadi “suasana kekeluargaan”, apapun yang tengah terjadi di masyarakat, satu sama lain wajib menjaga demi mempertahankan sebuah eksistensi. Sayang, tidak ada lagi definisi positif yang bisa saya ambil dari makna “brotherhood”. Saya tidak rela anda menjadi saudara saya karena anda memang bukan saudara saya, begitu mungkin pikiran radikal jika ingin dikeluarkan dari mulut. Saudara saya tentu adalah saudara kandung saya sendiri atau darah daging saya sendiri. Saya lebih suka mengartikannya sebagai “pertemanan”, pertemanan yang bisa menjadi tempat berbagi dari kegiatan positif atau negatif sekalipun. Coretlah kata “brotherhood” dari benak anda karena sampai kapan pun kata tersebut layak diperdebatkan.

Berkumpul adalah hak setiap orang, tapi ketika hak itu ditentang kita diberikan dua opsi, mau bersikap defensif atau justru ofensif. Saya pikir menjadi defensif jauh lebih baik daripada selalu berkoar bicara penegakan peraturan dan ber misi melenyapkan satu ikatan pertemanan. Ironis !

Jika kita mau komunitas kita maju, bersikap lah legowo dan rela menjadikan lawan sebagai kawan dan tidak menyerangnya secara gerilya seolah-olah kerja manis kita tidak layak diberikan sebuah tanda jempol dari jemari kita. Sejak awal saya tidak pernah setuju sebuah kalimat “All Bikers are Brothers” tapi justru saya mengusung “Not All Bikers are Brothers” sebagai sebuah tameng untuk menghindari musuh yang pelan-pelan senang menggerogoti.

Lihat di sekeliling anda ? Anda tak akan pernah tahu jalan pikiran orang di samping anda.

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

