Awas Liat Jalan !


Hi Bikers,

Apakah rute sepanjang Casablanca mulai dari PdKopi – Klender – Cipinang – Tebet – Kuningan – dst hingga Roxy menjadi rute harian rekan-rekan? Pagi ini setelah sekian lama tidak melintas di jalur tersebut dan lebih memilih rute memutar untuk sampai di kantor, ternyata banyak perubahan terjadi, bukan dari barisan bangunan yang ada di sisi kanan-kiri melainkan progress pembangunan jalur air Banjir Kanal Timur. Cukup drastis memang dimana bangunan di sisi kiri sudah banyak yang rata dengan tanah digantikan lubang-lubang besar menganga.

Hubungannya dengan Jalan Raya ? Lihat bentuk aspal yang dilewati ! Bekas tanah liat yang menempel di aspal jalan membentuk kepulan debu yang efeknya dapat membuat pengendara motor terbatuk jika tidak dilengkapi masker di dalam helm nya. Gundukan-gundukan kecil pun kadang dapat membuat kaget pengendara dan bisa berakibat sedikit sliding. Plus, akibat kepulan debu jaket bisa jadi berubah warna menjadi kecoklatan.

Saat tidak hujan kondisi jalan seperti itu memang tetap menyimpan potensi kecelakaan. Jika hujan apalagi, bekas air tentunya membuat tanah liat menjadi lebih licin yang akhirnya memaksa pengendara motor meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi nya. Truk-truk penguruk tanah dan pengelolanya yang tidak langsung membersihkan tumpahan tanah cukup membuat kesal pengendara yang mengidamkan jalan yang mulus. Wah di Jakarta, jalan mulus masih menjadi impian besar.

Kondisi ini tentunya tidak hanya terjadi di jalur yang disebut di atas tapi juga banyak di sisi lain jalanraya Jakarta. Untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan tetap lah berhati-hati saat berkendara. Bagaimana ? Tetap jaga jarak dengan kendaraan lain saat melintas di gundukan-gundukan kecil tanah liat yang berpotensi kita melakukan manuver mendadak dan tetap gunakan masker yang setidak nya bisa mengurangi sambutan debu tanah liat mampir ke hidung dan muka kita, jangan lupa tetap tutup kaca helm untuk mengindari mata terkenda debu.

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s