Jalanan Jakarta Buruk Rupa !


Pemprov DKI telah gagal dalam memberikan kenyamanan ber-lalu-lintas bagi warganya. Prestasi NOL besar seperti biasa-biasa saja tanpa ada kemauan memperbaiki situasi. Dalam informasi ber tajuk i-Fakta yang saya dengar pagi ini melalui radio, masyarakat berhak melakukan ‘clash-action’ terhadap pengelola jalan raya. Isu paling besar saat ini yang mengemuka adalah fakta bahwa lubang-lubang di jalan akibat digerus genangan air terus bertambah jumlahnya. Para pengendara seperti dipaksa berlatih ‘offroad’ yang sebetulnya lahannya bukan di jalan raya. Kurang lebih hampir 30 km jika diukur panjang cacat jalan raya yang dikumpulkan TMC (*Traffic Management Center) dan sudah beberapa hari ini informasi tersebut lalu lalang lintas milis. Semua mengamini bahwa fakta cacat tersebut semakin hari semakin membuat pengguna jalan raya pusing kepala.

Seperti pada gambar di atas, korban pun berjatuhan baik dari hanya yang sekedar terpelanting setelah terperosok sampai terjatuh menghindar lubang hingga akhirnya dihajar bis yang tengah melaju di belakangnya. Miris. Ironis. Coba lihat akan ada usaha apa yang dibuat Pemprov DKI dalam satu atau dua pekan ke depan. Masa bodo atau justru di luar dugaan, seperti pembenahan instan aspal yang mengelupas. Pembenahan memang harus dilakukan dan tentunya membenahi mutu aspal sehingga melawan air pun tidak perlu sampai tergerus.

Kita yang seandainya mau bergerak bergandeng tangan ‘mengejek’ Pemprov bisa saja melakukan ‘clash-action’ baik perorangan maupun secara kelompok. Disarankan memang kita mengumpulkan data pendamping terlebih dahulu yang sifatnya valid seperti data lubang menganga, data korban sampai data kerugian materil. Jika siap kita bisa mengambil tindakan. Jakarta Buruk Rupa !!

sumber gambar : milis Forum Safety Riding Jakarta

Advertisements

About this entry