Pantai Batukaras Ciamis


Photobucket

Satu lagi agenda perjalanan bermotor (motorcycle traveling) yang saya lakukan saat liburan panjang kemarin. Dengan destinasi utama Batukaras-Green Canyon di Ciamis, perjalanan terselesaikan pada Sabtu (22/12) hingga Senin (24/12). Durasi nya cukup mengerikan karena sudah di lewat ambang batas toleransi ‘safety reference’ yang saya miliki yaitu molor hingga 18 jam. Alhamdulillah tidak terjadi kendala dan bebas dari kecelakaan. Rute keberangkatan mengambil jalur Bekasi – Karawang – Klari – Purwakarta menuju Segalaherang – Cisalak – Sumedang, lanjut menuju rute menarik Wado dan bergerak ke Malangbong – Ciawi – Banjar – Pangandaran dan berakhir di Batukaras. Lebih dari 400 km tercapai. Sementara kepulangan menggunakan jalur Batukaras, sisir pantai selatan Ciawi yaitu Cimerak – Cikalong lalu bergerak naik ke Cikatomas hingga tembus ke Rajapolah – Tasikmalaya – Malangbong dan kembali masuk jalur Wado – Sumedang – Purwakarta – Klari dan kembali ke Bekasi. Memuaskan.

Perjalanan ini saya lakukan bersamaan dengan agenda Turing Akhir Tahun (TAT) 2012 KHCC, bersama 10 rekan lain dengan ragam kendaraan perjalanan ini bisa dilalui dengan sukses baik saat berangkat maupun pulang. Meski durasi perjalanan tidak ideal tapi pengalaman yang dialami sepanjang jalan mampu memupus nada keluhan dan berganti dengan tawa riang bernada keberhasilan. Salut buat nama-nama Irwan (ketua umum KHCC), Disa (PIC perjalanan) dan bersama sis Tirta, bro Puji, Andi, Oni, Ableh, Gogon dan Henry serta One. Berikut rekap destinasi utama TAT 2012 KHCC.

Photobucket

PANTAI BATUKARAS CIAMIS
Lupakan Pangandaran yang semakin hari semakin sumpek dengan berjubelnya kendaraan dan wisatawan saat liburan panjang. Tim memilih bergerak lebih ke selatan menuju pantai Batukaras yang berdampingan dengan wisata air Green Canyon. Saya sendiri sempat mengagendakan CiamiSe7an Destination namun ternyata urung diwujudkan karena kondisi sudah sangat tidak memadai.

Photobucket

Pantai Batukaras sendiri punya koordinat di 7 45′ 0.23″ S, 108 30′ 8.29″ E langsung menghadap Samudera Hindia. Terhitung cantik dan sudah memiliki beberapa fasilitas bagi para pejalan. Cottage pun terhitung cukup banyak dengan harga ber variasi. Yang mau berkemah pun bisa dilakukan di lokasi ini. Suguhan utama pantai Batukaras ada di pemandangan matahari terbitnya yang persis bisa dilongok secara garis lurus saat berdiri di bibir pantai. Sayang saya tidak bisa mengabadikan kebangkitan matahari karena kondisi cuaca berawan.

Photobucket

Masuk di kecamatan Cijulang, pantai Batukaras menawarkan sensasi yang lebih sepi ketimbang bertemu dengan hiruk pikuk keramaian ala pantai Pangandaran. Sayangnya infrastruktur jalan belum memadai dalam rute 34 km-an Pangandaran – Cijulang. Belum memadai dalam arti kondisi jalan masih banyak berlubang. Bahaya mengancam saat musim penghujan seperti yang tim alami saat masuk di lokasi ini sekitar pukul 21-22 malam. Dari Banjar saja menuju Pangandaran sudah minim penerangan jalan, jalur berikutnya ke Cijulang lebih-lebih lagi. Sebuah PR besar pemerintah daerah untuk memberikan kenyamanan bagi pejalan yang hendak datang.

Sebuah destinasi yang menarik meski saya pun harus pikir ulang untuk kembali mengingat masalah di infrastruktur tadi. Jika kendaraan memadai mungkin akan lebih nyaman lagi tapi tidak semua pejalan bisa memenuhi sisi ideal tadi. Cijulang punya Green Canyon yang jadi magnet utama pejalan dan wisatawan. Ayo benahi infrastruktur jalannya. Entah mau jadi PR pemerintah Pangandaran atau Ciamis.

Photobucket

Next .. Green Canyon di tulisan berikutnya.

Photobucket

Photobucket

About these ads

2 thoughts on “Pantai Batukaras Ciamis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s