CiamiSe7en Destination.. Besok Riding Lagiii…


Photobucket

Adalah hal wajib untuk melakukan survey sebelum melakukan perjalanan. Seperti yang saya sempatkan sebelum mengunjungi daerah Ciamis dan sekitarnya yang terkenal dengan Pangandaran dan Green Canyon nya. Tidak mesti harus lebih dulu datang tapi proses tersebut bisa dilakukan dengan banyak cara. Yang saya lakukan adalah membeli buku “Wisata Pesisir Ciamis Selatan” karya Edi Dimyati (@dimyaties) plus tentunya browsing melalui banyak situs yang mengumbar pesona selatan Jawa Barat ini. Setelah tulisan ini naik tayang di blog maka ke esokan harinya adalah giliran saya mengunjungi langsung dalam edisi ‘CiamiSe7en Destination’.


Seperti ditulis oleh buku karya Edi Dimyati diatas pesona Ciamis memang ternyata sangat mengagumkan. Jika anda hanya tau Pangandaran dan Green Canyon cobalah hindari lokasi tersebut dan pindah ke tempat-tempat berikut, dan yang ini saya dapatkan atas rekomendasi situs MyPangandaran yaitu Citumang, Karapyak, Madasari, Batuhiu, Batukaras, Karang Nini dan Lembah Puteri. Tujuh lokasi dengan nuansa pesisir yang kental ditemani lanskap khas pantai Indonesia.

Menyorot buku yang saya peroleh saat acara sharing fotografi yang digelar Kompas Gramedia beberapa waktu lalu maka buku ini saya rasa sangat bermanfaat. Salah satu halaman berisi peta pesisir sehingga pejalan bisa sedikit meraba kebutuhan perjalanan seperti apa yang akan dilakukan saat nanti menjejak kaki ke Ciamis. Pangandaran memang hitungannya wajib, pun dengan Green Canyon. Tapi justru karena popularitas nya itulah yang membuat saya tidak tertarik sehingga saya merasa perlu menyentuh sisi lain yang memang sepi dari hiruk pikuk pejalan atau wisatawan lain yang kerap justru memperburuk destinasi wisata yang awalnya indah. Satu pesan saya … “Jagalah kebersihan tempat wisata tujuan anda…!!!”

Photobucket

Nah…jika punya referensi lain soal Ciamis baik spot wisata alternatif, titik kuliner atau pusat oleh-oleh monggo di share. Saya akan berkendara esok hari (22/12) hingga Senin (24/12), semoga target destinasi bisa dicapai dan cuaca bisa bersahabat saat saya berkeliling susur keindahan selatan. Ride report yang jelas pasti menyusul yah. Untuk pergerakan secara live silakan follow Twitter @andryberlianto .

Dokumentasi Pantai Karapyak by MyPangandaran.com

2 thoughts on “CiamiSe7en Destination.. Besok Riding Lagiii…

Leave a Reply

