Ekspedisi Bermotor Indonesia Sap7aranu


Photobucket

Harus ada lanjutan dari sebuah awalan. Lepas agenda ekspedisi 2Ride7 kini menyusul dengan bendera yang berbeda. Adalah rekan Nusantaride pak Ija (Reza Amrullah) yang mengajak saya bergabung. Dengan senang hati tentunya saya menyambut tawaran yang tak bisa saya tolak. Kini tujuannya adalah pulau Sumatra, mengunjungi tujuh danau terbesar Sumatra di bawah bendera ekspedisi Sap7aranu (baca: Saptaranu). It will be epic. Sekilas mengenai penjabaran Sap7aranu akan saya post disini, satu hal yang paling penting adalah misi membuat buku pariwisata dari kacamata pengendara motor (motorcycle traveling). Sebuah sumbangsih tim Sap7aranu yang semoga bermanfaat untuk dunia wisata Indonesia.

Berikut saya post latar belakang dan tujuan seperti ditulis pak Ija di blog resmi Sap7aranu.
Photobucket

======================================
Gagasan untuk mengadakan perjalanan ini bermula ketika saya dalam perjalanan pulang dari Danau Ranau pada bulan Januari 2012 yang lalu, untuk keperluan survey lokasi gathering Nusantaride. Saya menyempatkan diri untuk mampir bersilaturrahmi dengan bang Andre Prayhard.

Bang Andre adalah seorang praktisi di dunia pariwisata. Sedangkan saya hanya penyuka pemandangan indah dengan menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi.

Ketika itu Bang Andre bercerita tentang tujuh danau besar di Sumatra, yaitu:
1. Danau Ranau, Lampung Barat/Sumatra Selatan
2. Danau Kerinci, Jambi
3. Danau Diatas, Sumatra Barat
4. Danau Dibawah, Sumatra Barat
5. Danau Singkarak, Sumatra Barat
6. Danau Maninjau, Sumatra Barat
7. Danau Toba, Sumatra Utara

Masih banyak potensi wisata; budaya dan tradisi serta keunikan di daerah di sekeling tiap-tiap danau yang belum terangkat ke permukaan. Hal-hal inilah yang membuat kami jadi mempunyai idealisme yang sama, yaitu menulis buku tentang wisata berkendara dengan berbagai aspeknya.

Kami sepakat untuk membuat perjalanan ini bertema tujuh danau. Meskipun pada praktiknya nanti tidak hanya danau yang akan menjadi obyek pengamatan.

Pada bulan Agustus 2012, ketika saya dalam perjalanan pulang dari Bromo melalui jalur Senduro, Lumajang, saya berhenti untuk melihat pemandangan di sekitar Ranu Pani, basis pendakian menuju ke Gunung Semeru. Dari Ranu Pani, pendaki akan melewati Ranu Kumbolo. Saya mendapatkan informasi dari penduduk setempat bahwa kata Ranu berarti Danau dalam bahasa Tengger. Seketika itu muncul dalam benak saya untuk memberikan nama Saptaranu bagi misi perjalanan kami nantinya. Kata Sapta berarti Tujuh, sedangkan kata Ranu berarti Danau.

Dalam proses persiapan, saya juga mengajak mas Andry Berlianto. Seorang praktisi di dunia keselamatan berkendara yang juga mempunyai idealisme untuk menulis buku.

Selainnya menulis buku, kami juga ingin membuat sebuah film dokumenter. Oleh karena itu, saya meminta kesediaan mas Exlesia Yeremia Theorandaru, seorang mahasiswa jurusan desain komunikasi visual. Karya-karya fotografi-nya, menurut saya, sangat bagus. Sudut pengambilannya cukup tajam.

Kami menyadari bahwa kami memerlukan sebuah tim yang dapat memberikan dukungan dari homebase di Jakarta. Karenanya saya meminta kesediaan mas Pramudya Irawan dan mas Sulistiono Sulis.

Dalam proses selanjutnya, gagasan ini berkembang. Tidak hanya danau di Sumatra. Melainkan di seluruh Indonesia. Oleh sebab itu, maka saya membagi perjalanan menjadi 7 tahap. Yaitu:
– Tahap 1: Sumatra
– Tahap 2: Kalimantan
– Tahap 3: Sulawesi
– Tahap 4: Maluku
– Tahap 5: Papua
– Tahap 6: NTT dan NTB
– Tahap 7: Bali + Jawa

Pandangan kami ke depan adalah untuk membuat lokasi wisata di Indonesia lebih dikenal secara luas baik di dalam maupun luar negeri.

Caranya adalah dengan memberikan informasi yang lengkap mengenai lokasi tujuan wisata di Indonesia beserta segala sarana akomodasi; transportasi; rute pencapaian; budaya lokal; kegiatan adat.

Harapan kami adalah mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih mencintai tanah airnya sendiri melalui kekayaan alam dan keanekaragaman budayanya.

Photobucket

*** (r/a)
======================================

Dan berikut adalah jabaran singkat soal Sap7aranu yang saya kutip dari surat-menyurat ke ragam pihak yang potensial memberi dukungan.
======================================
Sekilas mengenai ekspedisi Nusantaride Sap7aranu.

Photobucket

Sap7aranu yang idenya tercetus sejak awal tahun 2012 adalah penamaan agenda eksplorasi dan ekspedisi bermotor (motorcycle expedition) dengan titik tujuan utama yaitu danau-danau, target awal perjalanan pertama pada tahun 2013 adalah menjalani ekspedisi di pulau Sumatra.

Dengan visi besar sebagai penyedia informasi wisata alternatif Indonesia di mata dunia dan misi mengangkat potensi wisata lokal yang belum banyak tersentuh membuat project Sap7aranu menjadi project ambisius berbasis realitas sekaligus menunjukan sikap cinta tanah air kepada alam megah nusantara Indonesia dari kacamata pengendara sepeda motor.

Target perjalanan akan dilakukan pada bulan Mei 2013 dengan rute jalan menyentuh 6000 km dengan menggunakan baik jalur barat, tengah dan timur pulau Sumatra. Empat bikers akan terlibat dengan tugas masing-masing dengan output akhir memberi masukan terhadap dunia pariwisata Sumatra secara khusus dan Indonesia secara umum. Output lain yaitu pengumpulan dokumentasi apik yang akan di kompilasikan dalam media BUKU PARIWISATA berisi cerita perjalanan dan dokumentasi alam Sumatra sekaligus melakukan ragam aksi sosial di sela perjalanan.
======================================

Nah, semoga cukup memberi gambaran soal ekspedisi Sap7aranu dan untuk mengetahui lebih dekat soal kegiatan kami dalam hal persiapan dan segala sesuatunya silakan main ke :

- Follow twitter @saptaranu
– blog http://sap7aranu.wordpress.com
– Fb fanpage Saptaranu
– plus di blog saya sendiri ya :)

Berminat jadi sponsor? Ayo taklukan Indonesia dan kembangkan pariwisata terpencil nya.

Salam jelajah Nusantara.

About these ads

2 thoughts on “Ekspedisi Bermotor Indonesia Sap7aranu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s