EDUHostel. Hostel Modern di Jogjakarta


Photobucket

Konsep ‘hostel’ dari sisi biaya menginap tentunya jadi hal paling menarik bagi pejalan, terutama penghobi backpacking. Mencoba mengakomodir kebutuhan tersebut kini Jogjakarta sebagai kota tujuan wisata punya hostel modern yang sangat layak kunjung, EDUHostel ( http://eduhostels.com/ ) namanya. Selain karena tarif murah tadi, hostel ini juga sangat nyaman karena mengusung konsep pewarnaan cerah di dalam ruangan-ruangannya. Belum lagi penyediaan tempat berkumpul di lantai dua hingga desain maksimalisasi atap hostel (rooftop) sebagai tempat ‘nongkrong’ untuk menikmati kota Jogja dari atas.

(21/11) Mengayuh 26 km dari kota kecil di selatan Jogja -Brosot, Srandakan- akhirnya saya parkir sepeda saya di lantai bawah (basement). Kaki ini harus lekas di istirahatkan dan tampaknya EDUHostel ini sebuah tempat singgah yang cocok untuk saya coba. Alamatnya ada di Jl LetJen Soeprapto Ngampilan Jogjakarta, keberadaan hostel ini cukup mudah dikenali selain karena berbentuk layaknya hotel modern tapi juga mengusung tulisan besar di punggung nya bertuliskan EDUHostel. Konsep modern minimalis yang sangat apik dibantu dengan pengadaan kamar yang juga baik.

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Layaknya hostel, tamu akan di arahkan untuk langsung berbagi kamar dengan tamu yang sudah lebih dulu datang. Pada kesempatan kemarin saya akhirnya berbagi ruang dengan 3 turis mancanegara lain. Rate yang saya coba adalah rate 70rb/tempat tidur. Ya, 70rb, karena konsep hostel adalah menyewakan ‘tempat tidur’ dan bukan ‘kamar’. Satu kamar berisi 3 tempat tidur bertingkat, jadi total ada 6 tempat tidur disana. Masing-masing tamu diberikan loker sederhana dengan satu stop kontak di dalamnya, akan sangat berguna untuk ‘charging’ baterai selama ber istirahat. Sayangnya tamu tidak langsung diberikan gembok pengaman loker, melainkan harus membeli di front office pada saat cek-in pertama kali.

Masalah klasik hostel adalah soal berbagi ruangan dimana tamu harus mengutamakan sisi etika dan saling menghargai tamu lain dengan konsep utama kebersamaan. Ingat bahwa yang kita sewa hanyalah berupa tempat tidur dan bukan sebuah kamar jadi sisi privasi agak sedikit terkorbankan. Soal itu mungkin share tips saya bisa berguna :

  • Jika anda datang sendiri, maka disinilah tantangan anda untuk saling mengenal tamu lain yang sama sekali belum pernah anda kenal. Anda bisa berkomunikasi dengan bahasa universal dan merasakan seperti apa ‘sekamar’ dengan para bule. Akan selalu ada sisi menarik dalam dunia backpacking dan dunia komunikasi.
  • Jika anda ‘malas’ berbagi ruangan maka datanglah dengan beberapa teman. 3 hingga 4 teman untuk memenuhi kamar rasanya sudah lebih dari cukup mengingat konsep jalan-jalan ber budget rendah adalah soal pemilihan menginap yang juga punya tarif terjangkau.

Bagaimana jika keluarga yang akan anda ajak ke EDUHostel ini? Bisa, selain rate 70rb per tempat tidur ada rate 400rb per kamar dimana dalam kamar tersebut sudah disediakan ‘large bed’ bertingkat yang bisa menampung hingga 4 orang. Di rate ini sudah di fasilitasi tv sementara di rate 70rb tadi tidak. Soal kenyamanan, saya melihat ada garansi kenyamanan di EDUHostel ini karena yang saya sebutkan tadi, konsep warna cerah dan kebersamaan layaknya pulang ke rumah sendiri.

Photobucket

Yang terakhir yang cukup menarik adalah maksimalisasi fungsi atap. Tamu bisa menghabiskan waktu disini untuk ber sosialisasi. Karena tanpa kanopi jelas saat hujan praktis atap ini jadi tidak terpakai. Di ‘rooftop’ ini banyak disediakan tempat duduk dengan berbagai model yang nyaman. Plus sisi terluar di maksimalkan dengan ruang berendam unik seputaran atap. Tamu bisa duduk berendam sambil mengarahkan mata ke segala penjuru mata angin kota Jogja.

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Silakan dicoba saat anda mengunjungi kota Jogjakarta. Jika hotel atau penginapan model homestay masih dirasa memberatkan dan anda mengusung konsep backpacking maka anda bisa langsung melangkahkan kaki dan sewa tempat tidur di EDUHostel. Selamat beristirahat.

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Dokumentasi : EDUHostel dan kamera pribadi :)

About these ads

One thought on “EDUHostel. Hostel Modern di Jogjakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 85 other followers

%d bloggers like this: