Desa Sembungan dan Nusantaride Rally 2012


Photobucket

Bagi sebagian adventurir jelas nama-nama berikut punya banyak pengaruh, sebut saja mas Farid Gaban dengan Zamrud Khatulistiwa-nya dimana beliau berduet keliling pesisir Nusantara bersama bro Ahmad Yunus, lalu  ada keluarga Tanzil pimpinan Oom Youk dengan Ring of Fire Adventure-nya plus bro Wulung ‘Ungki’ Damardoto yang sukses merealisasikan mimpinya keliling negri dalam program Indonesia Exploride. Adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya yang bisa satu ‘panggung’ bersama mereka mengisi acara dalam gelaran Nusantaride National Dieng Rally 2012. Sekedar info, ‘panggung’ yang saya bawakan bersama rekan bro Jack XVenture adalah pada sesi Hazard Perception – BROSS System dan Riding Posture/Offroad Riding. Bagaimana serunya #NNDR2012 ini?

Mengambil lokasi di eksotisme desa Sembungan Kejajar di Dataran Tinggi Dieng kab Wonosobo, NNDR 2012 berjalan sukses mengumpulkan mereka penggiat wisata bermotor. Haryo Widodo yang fasih menafsirkan keindahan alam dan motor, Rial Hamzah si empunya bengkel motor Syndicate, mampirnya Temmy Red Devil, juragan 7Gear Adet Vriono, owner Respiro Ridingware mas Arif Utomo hingga para pemain lama forum Nusantaride dari Bimo Setyawan, Rangga Bachri sampai Rangga Indianto dll. Di bawah kepanitiaan pimpinan pak Reza Patunru, panitia NNDR 2012 tampil apik meski masih butuh banyak ‘improvement’. Bagaimanapun event pada akhirnya menurut saya pribadi tampil hebat dan memuaskan. Lewat event ini pula saya bisa bertemu si nyentrik Hedonesia yang datang ber dasi kupu-kupu sampai Mario Iroth, rekan dari Bali yang akan bergerak riding ke Kamboja per April 2013 lewat program Charity Journey ‘Two Wheels Story’. Belum lagi sebagian besar penghuni forum http://www.nsuantaride.com dari pulau Jawa hingga Sumatra. Lengkap kan yang datang.

Photobucket

Photobucket

Soal tempat, fakta unik menyebutkan desa Sembungan adalah desa tertinggi di pulau Jawa. Hasil googling bilang lokasinya mencapai 2000 dpl, saya sendiri mengukur di altimeter GPS Garmin menyebut angka 1700-an dpl, saya taruh persis di jalur utama desa. Sebuah data ketinggian yang cukup membuat bangga bukan? Di desa Sembungan pula hadir dua titik wisata masing-masing Telaga Cebong dan Bukit Sikunir. Buat yang belum tau, Bukit Sikunir ini adalah satu-satunya spot di Indonesia yang bisa menampilkan Golden Sunrise, fenomena emas matahari terbit di antara pegunungan, sebuah penggambaran yang akrab di temui saat di Sekolah Dasar. Konon Goldern Sunrise Bukit Sikunir adalah penampakan matahari terbit terbaik di nusantara. Silakan dibuktikan sendiri.

Photobucket

Photobucket

Selain memiliki pesona alam, desa Sembungan juga memiliki ke khas-an dalam hal produksi Purwaceng, minuman hangat mirip-mirip jahe dan ginseng, lalu produksi kentang dan buah unik bernama Carica yang katanya hanya bisa ditanam di dataran tinggi Dieng khususnya desa Sembungan. Carica sendiri berbentuk mirip pepaya dengan ukuran mini dan menghasilkan produk manisan sebagai buah tangan wisatawan. Menarik.

“Mas, sudah pernah lihat salju Dieng belum?”, tanya mas Sukri, penduduk lokal yang turut menyukseskan NNDR. Ternyata keunikan dan pesona Dieng belum berhenti. Berarti makin banya PR buat saya untuk berkunjung kembali ke Dieng. Menurut info yang diberikan, salju ala Dieng datang pada bulan Agustus setiap tahunnya. Derajat hawa dingin bahkan sampai di angka minus 4 derajat Celcius. Pada bulan tersebut sawah tanaman kentang mati kedinginan dan pada saat pagi embun-embun berubah menjadi es dan salju yang lalu memberikan pemandangan berbeda. Belum lagi PR kunjungan ke Kawah Candradimuka yang konon jadi tempat di rebusnya Gatot Kaca hingga keinginan melihat sumur Jalatunda. Next time Dieng, next time.

Photobucket

Pada akhirnya perpaduan keindahan desa Sembungan dan semangat nasionalis Nusantaride dalam NNDR 2012 harapannya bisa menyemangati mereka yang datang untuk menghadirkan pesona Indonesia melalui kegiatan wisata bermotor. Sukses terus untuk Nusantaride dan seluruh warga forumnya. Senang bisa berjabat tangan dengan anda semuanya. Sampai jumpa di rally berikutnya.

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

About these ads

9 thoughts on “Desa Sembungan dan Nusantaride Rally 2012

  1. Beli Viar Lebih Untung…!!
    Analogi perbandingan harga jual kembali motor Viar dibandingkan dengan motor pabrikan lain

    Membeli Viar adalah Investasi yang sangat tepat..!!,tidak percaya?,mari kita hitung hitungan

    Beli Motor Viar Star Z,Harga OTR = Rp.8.200.000,setelah dipakai 3 Tahun,harga Jual kembali dapat mencapai 5,5 juta,harga terendah 4,5 juta,kita ambil yang kerugian terbesar menjadi kerugian yg diderita adalah 4,5juta

    bandingkan dengan apabila Anda mengambil Investasi motor pabrikan merk lain
    harga OTR nya Rp.15.500.000,setelah dipakai 3 Tahun Harga Yang diterima Showroom Motor Bekas paling tinggi adalah Rp 9 juta,kalau kondisi motor tersebut kurang baik bisa saja hanya dihargai Rp 7 juta,maklum harga part orisinil motor ini tergolong mahal

    Kerugian Investasi = Rp. 15.500.000 – Rp. 8.000.000 = Rp. 7.000.000

    dari sini jelas sekali bukan lebih besar mana kerugian yg diderita oleh konsumen akibat depresiasi harga jual motor..!??

    apabila kondisi itu diterapkan ke Motor Viar Star Z yg OTR nya hanya Rp 8.200.000 maka Motor Viar hanya dihargai Rp 1.200.000,tentu sangat tidak logis dan tidak masuk akal sebuah motor hanya dihargai dengah harga seperti itu,Konsumen pun berhak marah apabila motor nya ditawar oleh showroom dgn harga 1,2 juta saja…!,tentu keadaan tsb tidak logis diterapkan untuk motor Viar

    belum ditambah kerugian akibat borosnya penggunaan BBM,penggunaan BBM motor ini 3x lipat lebih boros dibanding motor Viar,maklum Motor ini memiliki cc diatas 120 ,apabila Anda mengisi Bensin motor Viar Rp 20.000 per minggu / Rp 80.000 per bulan,maka anda harus mengeluarkan Rp 240.000 perbulan,kerugian bertambah menjadi Rp 160.000 belum ditambah mahalnya Pajak Kendaraan Bermotor karena motor ini mengusung CC yg sangat tinggi

    Perincian Kerugian motor Merk lain
    Depresiasi harga Jual : Rp. 7.000.000
    Pemborosan BBM : Rp. 160.000 x 12 bulan x 3 tahun = Rp 5.760.000
    Mahalnya Pajak : Rp. 50.000 x 3 Tahun = Rp. 150.000
    Mahalnya Service & Spare Part : Rp. 250.000 x 3 Tahun = Rp. 750.000

    Kerugian = 7.000.000 + 5.760.000 + 150.000 + 750.000
    Total Kerugian Selama 3 Tahun = Rp 13.660.000
    Kerugian Perbulan = Rp. 13.660.000 / 36 bulan = Rp 379.000

    BAYANGKAN…!!!,dengan kerugian perbulan yg hampir mencapai Rp. 400.000,dengan kerugian sebesar itu anda bahkan dapat mencicil Motor Viar Star Z yg cicilannya hanya 300 ribuan per bulan

    SEGERA Tinggalkanlah motor Boros dan Tidak Ekonomis seperti itu,sudah saatnya Kita dapat berhidup Hemat namun tetap Trendy!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s