Pantai Papuma Jember


papuma11

Kota Jember menjadi tempat persinggahan saya berikutnya paska nge trip di pulau Madura. Lokasi persis Jember berdampingan dengan Lumajang di barat, Probolinggo-Bondowoso di utara dan Banyuwangi di timur, sementara selatan berdampingan langsung dengan Samudra Hindia. Dengan luas lebih dari *3 ribu kilometer persegi jelas Jember juga punya banyak opsi menarik dalam hal spot wisata. Hitunglah puncak Rembangan hingga kawasan pantai Papuma serta hunian liar kawasan hutan nasional Meru Betiri. Mari ke Papuma.

Lokasi tanjung dan pantai Papuma ini bisa dicapai hanya 45 menit (sekitar 30 km-an) dari kota Jember melalui akses mudah jalur Mangli, ikuti saja jalan lebarnya tanpa harus ber belok ketika bertemu persimpangan. Gapura tanjung Papuma ada di kanan jalan setelah 45 menit perjalanan tadi. Cukup mudah dikenali tanpa perlu khawatir tersasar. Papuma sendiri adalah kepanjangan dari pasir putih Malikan yang  merupakan binaan dari Perhutani setempat. Kawasannya yang masih asri bahkan masih menyimpan banyak satwa kera liar menjadikan Papuma lokasi yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan.

papuma12

papuma01

papuma10

Kawasan wisata tanjung Papuma juga sudah dilengkapi dengan banyak nya warung makan hasil tangkapan laut, bahkan di beberapa lokasi juga tersedia villa sederhana hingga arena outbound. Jam buka-nya sebenarnya 24 jam dan jika pejalan ingin menghabiskan lebih banyak waktu saat malam sebaiknya sudah memiliki nomor kontak salah satu warung makan seafood. Hati-hati juga saat ingin bergerak pulang dari Papuma dan waktu sudah malam, akses keluar hingga ke jalan raya masih tanpa penerangan. Waspadai lebatnya hutan jati dari potensi hewan liar maupun petani dari kalangan penduduk yang masih wara-wiri di dalam gelap.

Peta tanjung Papuma bisa di lihat di sini : http://www.tanjungpapuma.com/map-location/papuma-from-google-maps

papuma07

Tanjung Papuma juga berdampingan dengan pantai Watu Ulo yang konon barisan ini membentuk seperti badan ular dari Papuma hingga Watu Ulo (Batu Ular) hingga Puger. Papuma dijamin akan memuaskan gairah wisata anda karena pasir putihnya, jernihnya air laut, deras ombak di karang hingga jejeran karang besar alami dengan bentuk-bentuk unik, plus opsi tempat memancing ikan. Jangan lupa naik ke Siti Hinggil, viewing spot yang bisa menampilkan luas tanjung Papuma dari atas.

Selamat ke Papuma :)

papuma02

papuma03

papuma04

papuma05

papuma06

papuma08

papuma09

papuma13

papuma14

About these ads

14 thoughts on “Pantai Papuma Jember

  1. pernah mampir ke tempat ini, bagus sih pantainya, tapiiiii coba tengok di pantai sisi sebelah barat, waaawwwww banyak pasangan muda mudi lagi kasmaran berjejer2 (pacaran massal) sambil sembunyi2 di balik pohon/belukar,,,yg cowok tampang metal yg cewek jilbaban, bener2 ajib, hahahahah… :D

  2. papuma bagus banget kalo musim kemarau Om, keren air lautnya biiiiru terang. tp klo musim hujan bujug kaya kolam susu coklat :D n yg pasti terlalu banyak dijadiin tempat orang patjaran, entah klo skrg udh ditertibkan apa blm :P

    • masih, malah tambah buanyak siang malem, ane aja baru ke sana beberapa waktu lalu, waktu berkunjung ke teman eh malah diajak mancing ke pantai, dan temen rumahnya di daerah sekitar sana.
      apalagi kalo malam banyak muda mudi mesum nekat naik ke bukit pantai papuma…..mau ngapain lagi kalo gak begituan, masa iya mau belajar, hahahaha…..

      • ini pantai sebenarnya indah, tapi not recomended banget buat yg liburan keluarga dan bawa anak kecil, suasananya banyak dirusak ama tingkah muda-mudi macam itu, lebih baik kalo ke daerah lain di pantai pasir putih situbondo, jauh lebih minim dari tingkah muda mudi begituan

      • Patut disayangkan memang … tempat mereka muda-mudi bercengkerama biasanya pas masuk area siti hinggil terus hingga akses keluar memutar. Situasi sebrang warung-warung makan cukup aman dijadikan tempat bermain bersama keluarga. Ditunggu niih pengawasan pihak pengelola (Perhutani) untuk kontrol lebih dalam.

      • soalnya ane pernah malu sendiri mas, yg kedua kalinya ane ngajak saudara2 dari jauh ke sini (kebetulan juga ada anak2) karena pantainya oke, tapi komentar mereka apa begitu sampai? wooo ini pantai apa tempat xxx ya, kok banyak anak muda yg bla bla bla…
        dah langsung gak lama ane putar haluan pindah ke situbondo (+-120km dari situ)
        perhutani ditunggu tindakannya, mau dijadikan tempat wisata atau tempat xxx. atau wisata xxx juga boleh

      • oh, ada laman webnya toh, oke-oke, dulu pernah ngasih masukan di FBnya tapi gatau sih itu fb aslinya apa cuma kumpulan penyuka papuma.

  3. Pingback: Pantai Papuma Jember | "Yuk Motoran…!!"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s