Melewati Tahura R Soerjo


rsoerjo09

Jika anda menyenangi sebuah perjalanan dan tidak terpaku pada keharusan sampai tujuan tepat waktu maka jalur berikut bisa jadi pilihan. Jalur mana ? silakan coba jalur Malang ke Surabaya melalui Batu, Cangar dan menyusuri hijaunya Taman Hutan Raya R. Soerjo, nantinya jalan akan sampai di kota Mojokerto melalui Pacet dan selanjutnya masuk ke Surabaya melalui Krian. Saya akan highlight soal Tahura R. Soerjo nya saja ya.

Lepas Batu Malang perjalanan akan dihiasi jalur Junggo yang berkelok indah hingga sampai di desa Cangar (18 km dari Batu), sebuah desa yang menyimpan satu lokasi wisata pemandian air panas. Soal ini saya pernah mendapatkan kesempatan istimewa yaitu mandi tengah malam ditemani kuncen pemandian air panas Cangar. Berendam di kolam di bawah tatapan bintang dan intipan mahluk hutan raya tentunya jadi sensasi tersendiri terlebih hanya mengandalkan cahaya dari ponsel atau senter.

rsoerjo10

rsoerjo11

rsoerjo12

rsoerjo13

Lepas Cangar jalan tambah berliku dan segera memasuki area Tahura R. Soerjo. Kota Malang dari atas kejauhan perlahan di tinggalkan berganti lebatnya hutan hijau.

Seperti dikutip dari Wikipedia, “Taman Hutan Raya R. Soerjo (disingkat Tahura R. Soerjo) adalah sebuah kawasan pelestarian alam yang wilayahnya meliputi beberapa kawasan hutan yang berada di dalam kelompok Gunung Arjuno-Lalijiwo, yang meliputi sebagian wilayah Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Kabupaten Jombang, Kabupaten Pasuruan dan Kota Batu.

Rintisan penetapan Tahura R. Soerjo diawali pada tahun 1992, yakni dengan dicadangkannya kawasan Tahura yang meliputi Hutan Lindung Gunung Anjasmoro, Gunung Gede, Gunung Biru, dan Gunung Limas, serta kawasan Cagar Alam Arjuno Lalijiwo. Penataan batas ulang dilakukan oleh Departemen Kehutanan pada tahun 1997, dimana luas kawasan Tahura berkembang manjadi 27.868,30 Ha, dengan rincian luas Kawasan Hutan Lindung 22.908,3 Ha, dan Kawasan Cagar Alam Arjuno Lalijiwo (PHPA) 4.960 Ha. Saat ini Tahura R. Soerjo dikelola oleh Unit Pelayanan Teknis di bawah Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur.”

rsoerjo04

rsoerjo07

rsoerjo08

Di jalur ini juga banyak menyimpan spot-spot menarik mulai dari wisata goa Lowo (kelelawar), spot sepeda downhill, kemunculan kera-kera ekor panjang di sisi jalan hingga pemberhentian jembatan yang kerap jadi ajang latar belakang foto. Buat penikmat jalan tentunya jalur ini lebih dari sekedar menarik. Lepas dari sini saya langsung bergerak menuju Sampang Madura dan mengunjungi pantai Camplong. Soal ini saya ceritakan di tulisan yang berbeda ya. Coba deh jalur Tahura R. Soerjo ini.

rsoerjo02

About these ads

5 thoughts on “Melewati Tahura R Soerjo

  1. Pingback: Taman Hutan Raya R. Soerjo | "Yuk Motoran…!!"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s