Day Six #2Ride7Adv

d6_01

Waktu masih menunjukkan pukul 5 pagi ketika saya terbangun dan meniatkan diri bergerak ke pantai untuk melihat matahari terbit dari timur. Sebuah sudut di pantai Gili Air menjadi saksi kebangkitan sang mentari sementara saya duduk terpaku di atas pasir untuk beberapa saat. Sudut yang saya datangi sebenarnya agak tidak mendukung view penampakan Gunung Rinjani karena saya harus bergeser ke sudut lain di pantai ini. Pemandangan yang cantik. Di waktu yang sama entah rekan saya mungkin masih tertidur pulas di kota Mataram.

20 Mei 2012 menjadi hari ke 6 perjalanan 2Ride7 dan saat itu tim bergerak dari dua arah untuk kemudian bertemu di kota Mataram untuk selanjutnya menyeberang bersama dari Lembar menuju Padangbai. Saya sebetulnya masih menyimpan penasaran soal Lombok ini, sayang waktu yang saya punya demikian terbatas. Saya harus mengulanginya lagi melalui sudut yang berbeda, tentunya harus disertai menyeberang hingga ke Sumbawa atau Flores suatu saat nanti. Janji temu dengan beberapa rekan di Lombok termasuk sis Meyza pun urung terjadi karena kesibukan masing-masing. Untunglah komunikasi via ponsel masih bisa menjadi jembatan yang sangat komunikatif.

d6_02

Tertinggal perahu massal yang menyeberang ke Bangsal akhirnya bersama penumpang lain saya men charter perahu berikutnya. Dengan durasi penyeberangan hanya 15 menit akhirnya saya sampai di Bangsal dan kemudian mengambil titipan sepeda motor. Dari kejauhan Gili Air tampak mempesona dan meninggalkan cukup banyak pengalaman. Terimakasih untuk bro Audita atas penginapannya di Omah Gili.

REUNITED
Perjalanan Bangsal – Senggigi saya menyempatkan menepi di Bukit Malimbu untuk melihat panorama jernihnya pantai dan perubahan warna air laut dari hijau ke biru. Bukit ini mudah ditemui karena di sisi terluar jalan ada pembatas yang bisa dijadikan tepian kendaraan, termasuk keberadaan beberapa warung kecil.

d6_06

d6_07

Di jalur Bangsal – Senggigi kontur jalan pun beragam mulai dari nuansa perbaikan jalan yang berdebu dan kemudian lanjut dengan spek jalan yang terhitung sangat mulus naik turun membelah bukit dengan lebar jalan yang sangat memadai. Bangsal – Nipah – Pemenang – Senggigi rute nya praktis sangat indah dengan pemandangan laut dan perbukitan hijau di tepian jalan. Pemandangan ternak dan padang rumput kecil juga bisa jadi tempat sempurna untuk berhenti, berteduh dan menikmati alam Lombok.

d6_08

d6_04

d6_03

Akhirnya saya dan Hendrawan bertemu di warung makan yang sama di Mataram, kali ini rekan saya membawa teman jalan sekaligus guide dari komunitas Vario Mataram. Setelah mengatur kembali jadwal perjalanan akhirnya kami pun bergerak ke Lembar.

d6-12

SATU KE KUTA, SATU KE UBUD
Lagi, atas dasar efektifitas pembuatan laporan akhirnya kami berpisah di Padangbai. Saya bergerak ke selatan menuju Kuta sementara Hendrawan naik ke utara menuju Ubud. Waktu sudah menunjukkan petang hari saat tim merapat kesana. Saya ke Kuta untuk memenuhi janji temu dengan mbak Maria Ekaristi guna membicarakan profil wisata Bali dan beberapa potensi nya yang belum terjamah.

Maria Ekaristi sendiri adalah pengelola site http://www.jalan-jalan-bali.com/ , sebuah website yang menjadi rujukan banyak pejalan untuk menggali lebih dalam soal keberadaan wisata Bali. Untuk urusan perencanaan perjalanan ya jangan ditanya, mbak Eka bisa memberikan kita panduan A sampai Z termasuk urusan pendanaan minimalis ala backpacker.

d6_10

Agenda makan malam bersama mbak Eka akhirnya saya lakukan di sebuah rumah makan Padang di sebrang hotel. Atas referensi beliau juga saya mencoba pelayanan dari Q Hotel Kuta Bali (http://www.qhotelbali.com/). Per Mei hotel ini masih melakukan tahap pembangunan dan tarif nya pun masih di bawah harga umum. Dengan konsep minimalis hotel nya saya pikir cukup nyaman untuk dijadikan persinggahan. Lokasinya berada di Jl By Pass Ngurah Rai.

Rasanya saat ini Q Hotel sudah jauh lebih rapi dan nyaman.

Akhirnya perjalanan hari ke 6 selesai dan saya bisa istirahat di kasur empuk sambil menunggu pagi. Esoknya saya hendak mencicipi jalur Tabanan – Tanah Lot lalu bergerak balik ke arah selatan Sanur mengarah ke Ungasan untuk mencari sebuah pantai tersembunyi. Bersambung (lagi) ya …