Swallow SB117 On the Road


ban07

Untuk sebuah petualangan, ban sepeda motor dirasa cukup signifikan dalam mendukung sebuah perjalanan. Dengan destinasi lebih dari 500 km Bekasi – Ujung Genteng PP dengan kontur jalan beragam rasanya saya puas dengan performa Swallow SB117. Ban dengan tipe semi enduro punya kinerja apik dalam menuntaskan tujuan perjalanan selama parade turing awal tahun ini.

Ban dengan profil depan 100/80-17 dan belakang 120/80-17 yang diisi angin nitrogen bekerja sempurna saat pergi dan pulang. Ban semi enduro seperti ini cocok dipakai untuk dua kepentingan seperti menapak di aspal serta menjajah ranah semi off road.

ban08

ASPAL
Ada sebagian kekhawatiran performa licin saat ban ini dibawa menyusur aspal baik dalam kondisi kering maupun basah. Kondisi itu tidak terbukti selama perjalanan karena pada saat kering ban masih bisa terus dipacu hingga kemampuan maksimal pengendara.

Cuaca kering pada saat pergi dan hujan deras pada saat pulang dapat dijalani dengan mulus tanpa ada potensi slip.

ban05

ban06

Sementara saat menikung derajat kemiringan normal masih bisa mencengkeram aspal dengan baik. Patut diingat bahwa tapak ban jenis ini memiliki keterbatasan sehingga efek lebih miring tentunya lebih bagus menggunakan ban desain full aspal saja.

NON-ASPAL
Untuk jalanan bumpy, becek, tanah, hingga pasir ban ini mampu memberikan kenyamanan tersendiri. Kontur jalan tidak ideal mampu dilahap dengan nyaman. Menggaruk kontur jalan yang bergelombang dengan dataran tanah atau pasir bisa dengan mudah dilahap.

Percaya diri saja dan tetap buka gas untuk melewati kontur jalan yang tidak bersahabat.

ban03

Perbandingannya dengan ban full offroad (ban pacul) tentunya kualitas ban pacul memberikan kenyamanan lebih karena desain kotak-kotak pada ban cenderung lebih besar dan lebih bisa ‘menggaruk’ dalam usaha melepaskan ban dari landasan yang buruk.

OVERALL
Jika suka dengan perjalanan dengan variasi medan beragam tentunya ban Swallow SB117 mampu memberikan rasa pede. Dengan harga terjangkau seperti ditulis di ulasan sebelumnya ban ini bisa dipakai turing jelajah ringan hingga ber aktifitas harian di aspal ibukota.

Nilai 8 dari skala 10 rasanya pas disematkan untuk Swallow SB117 ini. Coba deh :)

ban09

ban10

ban01

ban02

ban04

About these ads

19 thoughts on “Swallow SB117 On the Road

  1. untuk motor laki yang ring 18 juga bagus (kata yang udah pake) cuman ada beberapa problem ketika pake di motor laki, untuk ban depan suka mentok sama spakbor..

    solusi mau gak mau ganti spakbor variasi :(

  2. Tire Preview (Berdasarkan Pengalaman saya)

    Saya pengguna Ban Swallow SB 117 ukuran 120/80.18, Ban tersebut saya tebus pada April 2010 dengan Harga IDR. 330.000,- (minus ban dalam), saya gunakan pada Honda TIger 2000 th 2006 SW (Pelek standar), untuk Ban Belakang, dengan lebar pelek standar Tigi saya rasa Perform ban tsb cukup dapat di andalkan baik On Road Atau Of Road, beberapa kali merebah pun tidak ada masalah (sampai gasrut sepatu), terbukti sejak pertama kali saya tembus bisa awet s/d 14 Bulan ke depan.. Itu sudah saya gunakan untuk beberapa kali Touring keluar kota dan untuk Daily Activities (kerja). Bahkan sampai terakhir saya ganti, Ban tsbt belum pernah Bocor.

  3. hmm. Ane uda make ini ban. Kepasang di P180 UG3 ane, ukurannya emang cuman ada 100/80 ama 120/80 :p
    Harganya 244k (depan), en 300k(belakang) kemahalan ga si tu?
    Overall, enaklah, but kalo dipake ban depan, pas belok agak sedikit counter, pertama2 kagok, tapi lama2 uda biasa :p
    Semoga awetlah :)

  4. saya pemakai swallow SB 117, pake sehari-hari n juga touring….kepasang di P220 explorer ku….mungkin karena soft compound jadi ban ini lumayan cepet habis ( apa aku yg keseringan turing ya? )….gpp karena harga yg murah meriah dan cocok buat style berkendara yg seneng blususkan ke hutan-hutan….ban TOP deh….coba ada yg ukuran diatas 120…

      • motor pulsar 220.. velg pake jari2, depan 3,5″ blkg 4,25″. Dpt limpahan dari supermoto. Ban depan 120/60, blkg 150/60. Blkg br dpt shinko 705 dual purpose 150/70. Depan pgn ganti yg tinggi 120/70.
        makanya kl yang 100/80 kayaknya ga muat di velg depan ya? kl yg 120/80, aneh ga ya?
        kl beli yg branded lagii, muahaal euy yg depan 120/70…. hehehehehe…

  5. Mas bro kalau pakai sb117 120/80 velg 350 untuk ban belakang ban nya gesek ke swing arm tidak? Perlu tambah mara rantai tidak biar mundur?thx before

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s