Dokumentasi Sisa Bula Pulau Seram


Photobucket

Postingan berikut adalah dokumentasi lanjutan perjalanan saya saat ke Bula Pulau Seram januari lalu, artikel kedatangan sudah saya post sebelumnya disini. Bula, kota kecil di utara pulau Seram. Kota Bula dapat dicapai oleh pesawat kecil charter dari Deraya Air. Jelas ini pengalaman pertama saya menggunakan pesawat kecil plus mengunjungi bagian timur Indonesia yang masih belum banyak terjamah.

Camp site Citic Seram dicapai oleh bis perusahaan dari bandara Bula sekitar 20 menit perjalanan. Sesampainya disana saya menangkap pemandangan lain lagi. Komplek pertambangan dengan puluhan kamar yang dibentuk dari container-container besar yang disulap menjadi kamar tidur, ruang makan, ruang kerja hingga ruang santai ber kabel TV. Semua dilengkapi dengan penyejuk ruangan. Di sekelilingnya murni benar-benar hutan perawan yang belum banyak dijamah orang kecuali untuk kepentingan pertambangan.

Photobucket

Hari kedua berisi agenda assessment saya terhadap kebutuhan klien. Sebuah rute yang belum banyak dilalui kendaraan dimana harus ada proses assessment terlebih dahulu dari banyak ragam potensi bahaya sepanjang rute pertambangan. Pekerjaan begitu saya nikmati sembari ditemani hutan dan binatang yang terhitung liar. Pada saat siang pemandangan burung elang, wau-wau hingga ular dan reptil lain banyak dijumpai. Sementara saat malam jika beruntung anda akan bisa bertemu dengan kawanan rusa hingga babi hutan. Khusus babi hutan, kawanannya sempat saya temui di belakang container tempat ruang tidur saya. A wild environment.

Berikut adalah sedikit tangkapan kamera untuk melihat seperti apa bagian dari Bula, sayangnya saya batal mencicipi hiburan malam ala kota Bula yang antara lain berisi banyak nya penganan ber aroma rusa, seperti sate rusa, gulai rusa dll. Dokumentasi saya tangkap hingga hari terakhir di Bula. Enjoy :)

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

2 thoughts on “Dokumentasi Sisa Bula Pulau Seram

  1. sudah banyak perkembangannya di pulau seram. Terakhir tugas pada project kufpec tahun 2002 – 2003. Rasanya kangen pengen kesana.

Leave a Reply

