Terimakasih Honda CS1


Tepat bulan Juli 2010 ini Honda CS1 (bekas) milik saya resmi 2 tahun. Melirik tanggal di STNK memang pajak tahunannya jatuh akhir bulan ini. Kilometer yang telah tercapai hingga hari ini sudah tembus di angka 47.100 km-an. Sampai-sampai mekanik kenalan saya sampai menawarkan opsi servis besar jelang berpindah tangan. Maklum semua medan perjalanan sudah pernah di cicipi CS1 ini. Mulai dari eksplorasi medan off road di tanah priangan dan sekitarnya hingga harus adu ketahanan mesin saat melakukan sesi keliling Jawa. Sebuah pergerakan kendaraan roda dua yang menurut saya luar biasa dan melewati batas kemampuannya. Mari saya berbagi pengalaman tentang usia 2 tahun pemakaian CS1 ini.

CS102

Opsi awal saya sebelum membeli CS1 adalah Honda Mega Pro, sampai malah ke opsi Yamaha Scorpio hingga Honda Tiger. Pokoknya batangan. Pertimbangan keringanan sepeda motor dengan desain yang nyeleneh akhirnya resmi mengikat saya dengan si CS1 merah ini. Pada kelahirannya konsep ini terbilang baru dan semacam cross-over, gen bebek berpadu dengan sistem transmisi dan setengah aura sport. Ada yang bilang bebek sport. Ada yang menanamkan pemahaman bahwa ini spesies baru. Sesuai yang saya kutip dari internal AHM bahwa kemunculan CS1 mengarah pada pribadi-pribadi unik, ingin tampil beda dan tampil segar berbalut suasana baru.

Tengok desain depannya. Jujur ini yang paling saya suka, jatuhnya memang ke selera pribadi. Lampu depan tidak mengikuti pergerakan handle bar, ada yang bilang jadi semacam lampu bego. Pada perkembangannya desain headlamp nya kini justru jadi bahan modifikasi di sektor lampu. Banyak sudah motor modifikasi yang meng aplikasikan headlamp CS1. Bergerak ke arah tengah, di bagian tubuh nya ternyata hanya menyimpan console box, bukan sebagai tanki bensin. Ini dia masalahnya, banyak yang kecewa dengan desain ini. Tangki bensin yang idealnya di tengah dan bisa menyimpan banyak konsumsi justru tetap berada di bawah jok ala motor bebek. Kapasitas nya otomatis menyamai tangki motor bebek yang hanya sekitar 4 lt-an.

Desain handle bar atau stang menganut sistem tutup penuh sehingga menghindari penampilan berantakan jika harus muncul pemandangan kabel kelistrikan. Sistem panel semua mengarah ke digital. Mulai dari pemantauan RPM, kapasitas bensin, pemantau kecepatan hingga pemantau panas nya mesin, maklum CS1 menganut sistem penggunaan liquid untuk mendinginkan mesin. Kapasitas 125 cc nya dalam hal pemakaian harian dari segi konsumsi bensin juga tergolong rata-rata motor bebek. Saya yang bertempat tinggal di Bekasi dan bekerja di Jakarta ya harus setiap hari melihat kondisi bensin agar tetap penuh.

Di buritan desain tampak meruncing. Desainnya saya bilang tampak serasi dengan bagian depan meski sebagian orang lain lagi menganggap bentuknya besar di kepala. CS1 disini sudah menganut sistem monoshock dengan kemampuan yang terbilang standar. Jika ingin lihat medan yang pernah saya lalui monggo cek arsip tulisan di web ini kembali.

Yang paling buruk dari desain secara keseluruhan adalah dimensi ban yang digunakan. Benar-benar tidak sesuai dengan bodi secara total. Terlampau kecil. Jika ingin tampil lebih lebar silakan pilih profil dua tingkat ke atas. Awasi modifikasinya sebelum mengenai spatbor atau besi di sekitar rear-shockbreaker. Bagian itulah yang paling awal saya rubah untuk menghindari kesan ‘cungkring’ saat berjalan. Jika di gambar dimensi nya terlihat lebih besar itu karena profil ban sudah lewat dari batas dan sudah mengadopsi modifikasi pada pemegang shock belakang bagian atas. Dengan kata lain dibuat lebih nungging.

Harga jual kembali ? Desainnya saya pikir hingga kini belum bisa diterima masyarakat. Terlampau radikal. Totally new species. Situasi ini yang membuat banyak orang berpikir dua kali sebelum membelinya, padahal dari sisi ‘riding position’ CS1 terbilang sempurna untuk saya yang cuma bertinggi di kisaran 167-an. Harga tinggi pada saat beli yaitu hampir menyentuh 17 jutaan harus drop di angka 10 jutaan pada saat ingin di jual kembali. Perputaran penjualan pun dari hasil yang saya survey cukup memiliki kesukaran tersendiri. Masyarakat umum cenderung memilih desain yang aman seperti bebek yang makin menjamur tak terbendung.

CS101

Bagi anda pribadi unik dan ingin tampil beda tentunya konsep CS1 yang ringan , sporty, easy dan modern adalah pilihan unit yang tepat. Akhir kata, terima kasih CS1 telah sukses melakukan berbagai macam medan perjalanan. You have done a great job ! Ada yang ingin ditanyakan ?

22 thoughts on “Terimakasih Honda CS1

    • @ ben … agree .. tp memang dari awal cs1 dah lemah di pemilihan ukuran ban … nanggung
      @ j.e …. di cs1 gue tdk ada keluhan geteran sama sekali, kecuali getaran dari pembonceng :p
      @ mr Long …. bengkel rujukan hanya ke AHASS bro, ga pernah di masukkin selain AHASS langganan (kalimalang – cipete – perumnas 3 bekasi), karena sudah kenal dekat dengan mekaniknya

  1. Wow
    tuch CS1 psti di siksa abiz2an ma bro,
    Ampe KM ny tembuz 47.100…
    Pnya sy aza cm tembuz 16.000 KM stlh pemakaian 1 stngh thn…

    Btw
    Bengkel rujukan yg yahud utk cs1 dmna bro baik utk modifikasi, service rutin n ningkatin akselerasi,??
    *minta alamat ny yha, thx

  2. sayang ya dijual 10 jutaaan, kalo 3 juta..gw beli deh buat nambah koleksi bebek di rumah….
    wekwekwekwekwek…
    top bgt…km sudah gedhe…
    kalo segitu emang waktunya servis besar om…

    • @ raga .. masa pemakaian telah usai .. di lego deh hihihi .. top btw for cs1
      @ giri … 3 juta ? pelecehan

  3. saya pinang cessi second 2 bulan yang lalu th 2008 km 332. disamping kelebihan dan kekurangannya, sensasi mengendarainya emang OKKKE…..!

  4. pengalamannya hampir sama , saya juga tadinya mau cari motor laki yang seken karena 5 tahun dah bergumul dengan matik, nih motor yang lagi mojok bikin penasaran akhirnya minta test ke delernya, dan woowww handlingnya mantep , tenaganya dahsat dan yang terpenting harga sekennya bener-bener terjangkau. akhirnya jadi deh bersanding dengan CS1 dan alhamdulillah sampe sekarang masih memuaskan

  5. CS1 top habis, CC kecil tapi bs melibas satria, MX, vixion,… gue dah nyobain sendiri dg CS1 kesayanganku ini,…. CS1 mantaaaaaaapppp,….

Leave a Reply

