Komendan Sugeng Siswoyudono @ KICK ANDY



Pengrajin Kaki Palsu @ Kick Andy

Keterbatasan ala Sugeng Siswoyudono benar-benar menarik perhatian mata kemarin malam saat Kick Andy muncul di MetroTV. Sosok Komendan Sugeng begitu unik, beliau berprofesi sebagai pembuat kaki palsu dan dikelilingi oleh para rekan kerja yang begitu menaruh hormat kepadanya. Kaki ter amputasi akibat kecelakaan lalu lintas membuat impiannya menjadi bagian dari militer pupus, tapi perjuangan memang tidak sampai disitu karena masih banyak semangat hidup yang lain justru ditopang oleh keterbatasannya.

Satu hal paling unik, karena cita-citanya yang kandas dan tetap ingin dipayungi aura militer, hingga kini para pegawai pak Sugeng memanggilnya dengan Komendan (*bukan Komandan). Uniknya para bawahannya pun dia panggil Sersan hingga Kopral. Unik, semangat yang unik.

Sifatnya keras jika bertemu sesama penyandang cacat semisal mereka yang memilih menjadi pengemis mengandalkan welas asih karena cacatnya. Pak Sugeng sampai kurang lebih berkata kepada mereka yang malas dan nerimo dengan bentuk cacatnya, “kamu itu ga ada gunanya! mati aja sekalian” dan berbagai kalimat kasar lain yang pastinya jika kita mendengar pertama kali pasti akan muncul rasa sebal berlebihan. Sifat ejekan keras itu pulalah yang membuat belau yakin hanya melalui cara itu saja mereka para penyandang cacat mampu bangkit dari keterpurukan dan mulai bertarung untuk kehidupan yang lebih baik.

Malam itu, bukan saja tips trik kerasnya saja yang muncul tapi rentetan komentar lugu hasil pancingan Andy Noya sang pembawa acara. Hadir bersamanya dua pria yang menjadi pegawai dan pasiennya. Sebuah obrolan menyegarkan dan menyemangati kita semua agar tidak cepat menyerah hanya karena sebuah keterbatasan.

About these ads
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s